Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab Verbal Bullying terhadap siswa Kelas IV SDN 2 Mayonglor. Penelitian ini dilakukan padaa saat bulan September yaitu dengan mengambil 4 subjek siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penulisan ini diperoleh bahwa faktor yang menjadi penyebab tindakan bullying adalah dari faktor keluarga, faktor teman sebaya dan faktor media massa. Faktor yang menyebabkan siswa dibullying cenderung siswa yang lemah dan dan kecil, serta memiliki sifat yang kurang percaya diri, susah bersosialisasi dengan teman yang lainnya dikelas. Faktor keluarga yang menjadi faktor paling penting dalam tumbuh dan perkembangan anak. Peran orangtua dalam lingkungan rumah yaitu faktor yang mempengaruhi subjek didalam lingkungan keluarga yang kurang harmonis dan kuang perhatian. Faktor teman sebaya juga termasuk faktor yang mempengaruhi anak melakukan verbal bullying karena pada usia anak sekolah dasar anak lebih suka bermain diluar dengan teman sebayanya dan memilih menjauh dari lingkungan keluarga.
Keywords:
Verbal bullying, Hasil Belajar SiswaDownloads
References
Afiyatun, U. (2015). Pengembangan Nilai Cinta Damai Untuk Mencegah Bullying Di Sekolah Dalam Rangka Membentuk Karakter Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMA Kecamatan Gemolong). PKn Progresif, 10(1).
Aprilia, C. A., Shofia, N. A., & Sari, W. N. (2021). Pentingnya Kontribusi Orang Tua Terhadap Lembaga Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(1), 20-30.
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100.
Djamarah, Saiful Bahri. (2014). Pola Komunikasi.Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016 / 2017. Cived Jurusan Teknik Sipil, 5(1).
Hertinjung, W. S. (2013). Bentuk-Bentuk Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 450–458.
Isnayanti A. N. (2020). Hubungan Verbal Bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Inpres Tappanjeng Kabupaten Bantaeng.
Juwita, V. R., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Pemaafan Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Korban Perundungan. Jurnal Empati, 7(1), 274–282.
Kaliampos, G., Katsigiannis, K., & Fantzikou, X. (2022). Aggression and bullying: a literature review examining their relationship and effective anti-bullying practice in schools. International Journal of Educational Innovation and Research, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.31949/ijeir.v1i2.2655
Lestari, W. S. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab bullying di kalangan peserta didik (studi kasus pada siswa smpn 2 kota tangerang selatan). Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Monicka P. K. (2014) Perilaku School Bullying pada siswa Sekolah Dasar Negeri Delean 2. Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.
Nasution, H. I., & Hasibuan, W. F. (2015) ‘Penyebab Verbal Bullying di Kalangan Siswa SMP IT Ulil Albab Batam’ Jurnal KOPASTA, 2, 111-115.
Pangestu, S., (2021) Analisis Mengenai Dampak Verbal Bullying terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SD Negeri Margajaya II Kota Bekasi.
Putri, S. R. A., Fardani, A., & Ismaya, E. A. (2021). Fenomena Verbal Bullying Di Masyarakat Pedawang. Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 792–796.
Pratiwi, I., Herlina, H., & Utami, G. T. (2021). Gambaran Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Jkep, 6(1), 51-68.
Pratiwi, R. P. (2016). Hubungan Perilaku Bullying dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa kelas III SDN Minomartani 6 Sleman. Basic Education, 5(2), 141-151.
Stefani G. I. (2020) Dinamika Perkembangan Kepercayaan diri Korban Bullying (Studi Kasus Pada Seorang Mahasiswa).
Sucipto. (2012). Bullying Dan Upaya Meminimalisasikannya. Psikopedagogia, 1(1).
Sufriani, S., & Sari, E. P. (2017). Faktor yang mempengaruhi bullying pada anak usia sekolah di sekolah dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susilo, P., & Setiawati, D. (2021). Studi Tentang Perilaku Bullying Verbal Dan Penanganannya Pada Siswa Kelas XI SMA I Al-Aly Kelitidu Bojonegoro. Jurnal BK Unesa, 12(1), 54–63
Tiarasani D. (2021). Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Animasi Untuk Meningkatkkan Pemahaman Tentang Perilaku Bullying pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Yuliani, M. (2007). Dampak Perilaku Bullying Pada 2 Siswa di SMP Pangudi Luhur 1 Klaten Tahuan Ajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 16-17.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nawallin Najah, Sumarwiyah, Muhammad Syafruddin Kuryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work