Minat Belajar, Efikasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Kritis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2847Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa pada ranah kognif. Sehingga perlu diketahui faktor berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Minat belajar, efikasi diri, dan kemampuan berpikir kritis diyakini mampu berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, efikasi diri, dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitan yaitu 144 siswa kelas VII SMPN 1 Tangerang. Instrumen penelitian yaitu tes dan nontes. Data dianalisis dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini yaitu minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, efikasi diri berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, minat belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, efikasi diri berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika melalui kemampuan berpikir kritis siswa dan efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar matematika melalui kemampuan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Agus, I. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1061
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa : Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74.
Astuti, B., & Pratama, A. I. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 147–155. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.33757
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W. H Freeman and Company.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109–115. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336
Damayati, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 42–48. https://doi.org/10.37850/cendekia.v12i1.114
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking. Informal Logic, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2729
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Hadiat, H. L., & Karyati, K. (2019). Hubungan Kemampuan Koneksi Matematika, Rasa Ingin Tahu dan Self-efficacy Dengan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 200–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26552
Handayani, R. S., Ihsan, H., & Sanusi, W. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Divergen, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar (Issue 20).
Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Self-efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 435–444. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.435-444
Hartati, I., Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika : Meta Analisis. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 49–56.
Kencanawaty, G. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Research and Development Journal of Education, 2(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v2i2.1425
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. P3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 4(2), 55–60. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013
Lestari, S. W. (2016). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon. Doctoral Dissertation, UIN Walisongo.
Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 82–90. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p559-568
Lunenburg, F. C. (2011). Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and Performance. International Journal of Management, Business, and Administration, 14(1), 3–6. https://doi.org/10.1177/216507999103901202
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses dan Hasil Belajar Matematika. Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/514
OECD. (2019). PISA 2018 results: Combined executive summaries. J. Chem. Inf. Model, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028
Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 66–72.
Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakata: Rineka Cipta.
Wulandari, N. P., Tiro, M. A., & Sanusi, W. (2018). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Sikap Terhadap Matematika Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, Dan Aplikasi Statistika (VARIANSI), 1, 56–73. http://ojs.unm.ac.id/index.php/variansistatistika
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wida Ismayanti, Cecep Anwar Hadi Firdaos Santosa, Isna Rafianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work