Minat Belajar, Efikasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Kritis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Wida Ismayanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cecep Anwar Hadi Firdaos Santosa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Isna Rafianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2847

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa pada ranah kognif. Sehingga perlu diketahui faktor berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Minat belajar, efikasi diri, dan kemampuan berpikir kritis diyakini mampu berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, efikasi diri, dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitan yaitu 144 siswa kelas VII SMPN 1 Tangerang. Instrumen penelitian yaitu tes dan nontes. Data dianalisis dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini yaitu minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, efikasi diri berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, minat belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, efikasi diri berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika melalui kemampuan berpikir kritis siswa dan efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar matematika melalui kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, I. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1061

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa : Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74.

Astuti, B., & Pratama, A. I. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 147–155. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.33757

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W. H Freeman and Company.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109–115. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Damayati, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 42–48. https://doi.org/10.37850/cendekia.v12i1.114

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking. Informal Logic, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2729

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096

Hadiat, H. L., & Karyati, K. (2019). Hubungan Kemampuan Koneksi Matematika, Rasa Ingin Tahu dan Self-efficacy Dengan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 200–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26552

Handayani, R. S., Ihsan, H., & Sanusi, W. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Divergen, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar (Issue 20).

Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Self-efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 435–444. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.435-444

Hartati, I., Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika : Meta Analisis. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 49–56.

Kencanawaty, G. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Research and Development Journal of Education, 2(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v2i2.1425

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. P3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 4(2), 55–60. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013

Lestari, S. W. (2016). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon. Doctoral Dissertation, UIN Walisongo.

Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 82–90. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p559-568

Lunenburg, F. C. (2011). Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and Performance. International Journal of Management, Business, and Administration, 14(1), 3–6. https://doi.org/10.1177/216507999103901202

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses dan Hasil Belajar Matematika. Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/514

OECD. (2019). PISA 2018 results: Combined executive summaries. J. Chem. Inf. Model, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028

Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 66–72.

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakata: Rineka Cipta.

Wulandari, N. P., Tiro, M. A., & Sanusi, W. (2018). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Sikap Terhadap Matematika Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, Dan Aplikasi Statistika (VARIANSI), 1, 56–73. http://ojs.unm.ac.id/index.php/variansistatistika

Downloads

Abstract Views : 1572
Downloads Count: 1056

Published

2022-09-11

How to Cite

Wida Ismayanti, Santosa, C. A. H. F., & Rafianti, I. (2022). Minat Belajar, Efikasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Kritis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 943–952. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2847