Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Redhatul Fauzia Universitas Islam Riau
  • zaka Dosen

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah cara memahami dan memberikan ilmu sesuai dengan bakat dan gaya belajar siswa yang memiliki banyak karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi  di SDN 109 Pekanbaru dan untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam elaksanaan proses pembelajaran berdiferensiasi ini di SDN 109 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa SDN 109 pekanbaru. Motode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan telaah dokumen. Teknik Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV SDN 109 Pekanbaru dilaksanakan berdasarkan prinsip dari pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi: 1) lingkungan belajar yaitu melihat bagaimana lingkungan belajar siswa ini atau melihat bagaimana lingkungan kelas siswa, 2) assessment berkelanjutan yaitu mengukur sejauh mana kesiapan siswa dalam pembelajaran, 3) pembelajaran resfonsif yaitu bagaimana guru dapat memahami berbagai macam karaker siswa dan kekurangan siswa dalam belajar, dan 4) rutinitas kelas yaitu bagaimana hasil dari pembelajaran siswa dengan kepemimpinan guru kelas, yang sudah terlaksana dengan baik.. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran berdiferensasi berfokus pada siswa sehingga layak diterapkan dalam kurikulum merdeka.

Keywords:

Pembelajaran berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

zaka, Dosen

Pembelajaran berdiferensiasi adalah cara memahami dan memberikan ilmu sesuai dengan bakat dan gaya belajar siswa yang memiliki banyak karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi  di SDN 109 Pekanbaru dan untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam elaksanaan proses pembelajaran berdiferensiasi ini di SDN 109 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa SDN 109 pekanbaru. Motode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan telaah dokumen. Teknik Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV SDN 109 Pekanbaru dilaksanakan berdasarkan prinsip dari pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi: 1) lingkungan belajar yaitu melihat bagaimana lingkungan belajar siswa ini atau melihat bagaimana lingkungan kelas siswa, 2) assessment berkelanjutan yaitu mengukur sejauh mana kesiapan siswa dalam pembelajaran, 3) pembelajaran resfonsif yaitu bagaimana guru dapat memahami berbagai macam karaker siswa dan kekurangan siswa dalam belajar, dan 4) rutinitas kelas yaitu bagaimana hasil dari pembelajaran siswa dengan kepemimpinan guru kelas, yang sudah terlaksana dengan baik

References

Alsubaie, A. M. (2020). The Effectiveness of multiple intelligence based differentiated instruction on metacognitive reading comprehension in Arabic language among middle school students in Saudi Arabia. Revista Amazonia Investiga, 9(26), 158–166. https://doi.org/10.34069/ai/2020.26.02.17

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1990). Looking at the bright side: A positive approach to qualitative policy and evaluation research. Qualitative sociology, 13(2), 183-92.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 76.

Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 3(008).

Lamadang, K. P. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar. Kompasiana, 7(2), 1. https://www.kompasiana.com/karmilamila5520/628ecee053e2c33ffa57aa62/analisis-kurikulum-merdeka-belajar

Marita, P. L. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shanan, 7(1), 159-174.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Motta, G. R., Angélica Link, Viviane Aparecida Bussolaro, G. de N. J., Palmeira, G., Riet-Correa, F., Moojen, V., Roehe, P. M., Weiblen, R., Batista, J. S., Bezerra, F. S. B., Lira, R. A., Carvalho, J. R. G., Neto, A. M. R., Petri, A. A., Teixeira, M. M. G., Molossi, F. A., de Cecco, B. S., Henker, L. C., Vargas, T. P., Lorenzett, M. P., Bianchi, M. V., … Alfieri, A. A. (2021). Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Muliani, R. (2022). Mengatasi Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi: Tips Dan Trik Untuk Guru. 1–14.

Ngaisah, N. C., & Aulia, R. (2023). ANAK USIA DINI anak untuk memasuki jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah . 1 secara instan . 3 Anak membutuhkan kebebasan dan kemerdekaan dalam untuk memenuhi kebutuhan berdiferensiasi anak , pendidik kurilulum menggunakan sistem pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 9, 1–25.

Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Saleh, S., Pd, S., Pd, M., Helaluddin, D., Raco, J., Salim & Syahrum, Ahyar, H. dkk, & Helaluddin, D. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif.pdf (Issue March, pp. 11–11).

Saputra, M. A., & Marlina, M. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar. Pakar Pendidikan, 18.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Sili, F. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl R. Roger. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 47-67.

Sirajuddin, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Sopianti, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi Di Sman 5 Garut. Kanayagan–Journal of Music Education, 1(1), 1–8.

Sutisna, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan - Google Buku. In UNJ Press (pp. 8–148). https://books.google.co.id/books?id=Z_UfEAAAQBAJ&pg=PA75&lpg=PA75&dq=berorientasi+pada+pengidentifikasian+fenomena+yang+diteliti&source=bl&ots=ga-HLJrEjg&sig=ACfU3U1cxwy9ib1n8NLF6bKSQIPJmBXQsQ&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiti4qxh8nzAhWYAHIKHRaDBDI4ChDoAXoECCcQAw

Umar, S. & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Yunus, M. (2009). Model Kurikulum Dan Pembelajaran Berdiferensiasi (Penelitian Pengembangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Wilayah Kota Bogor). Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Abstract Views : 26999
Downloads Count: 10206

Published

2023-10-01

How to Cite

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.