Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Dalam Meningkatkan Proses Belajar Aktif Pendidikan Agama Buddha
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7137Abstract
Pendidikan Agama Buddha di sekolah menengah pertama (SMP) menjadi inti kurikulum di Indonesia. Minat belajar dan lingkungan belajar dianggap mempengaruhi keterlibatan siswa dalam pembelajaran Agama Buddha. Studi ini fokus pada dampak minat belajar dan lingkungan belajar terhadap keterlibatan siswa di SMP Metta Maitreya Pekanbaru. Metode penelitian melibatkan survei dengan Skala Likert kepada siswa kelas VII. Uji validitas dan reliabilitas terhadap minat belajar dan lingkungan belajar menegaskan kevalidan dan reliabilitas data. Hasil analisis menunjukkan distribusi normal data dan tidak ada multikolinearitas. Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan variabel independen menjelaskan 54,7% variasi hasil belajar. Variabel lingkungan belajar terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, sementara minat belajar tidak. Kondisi lingkungan belajar yang kondusif dan peran guru mendukung hasil belajar siswa di Pendidikan Agama Buddha. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya lingkungan belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan menekankan bahwa lingkungan belajar memegang peran penting dalam hasil belajar, sementara minat belajar tidak terbukti signifikan. Rekomendasi diarahkan pada peningkatan aspek lingkungan belajar di SMP Metta Maitreya untuk mendukung hasil belajar yang lebih baik di mata pelajaran Agama Buddha. Studi selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan dan meluas ke sampel yang lebih representatif.
Keywords:
Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Proses Belajar AktifDownloads
References
Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh penggunaan media internet terhadap minat belajar siswa muslim di smp kota pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 61-73.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan kelas: Upaya mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53-70.
Martina, M., Khodijah, N., & Syarnubi, S. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164-180.
Mes, M., Sette, G., Metboki, R., & Lefta, L. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(2), 86-101.
Nurhayanti, H., Hendar, H., & Dewi, S. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Kelas Iv Mi Hidayatul Muta'alimin Kota Bekasi. Jurnal Tahsinia, 1(2), 108-116.
Rahmawati, K. P., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 61-68.
Rahmi, Z. (2019). Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. E-Tech, 7(2), 390982.
Soraya, S., & Alizza, N. N. (2023). Pengaruh Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 41-56.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Edited by Setiyawami. Bandung: Alfabeta.
Tina, T. (2022). Pemanfaatan Media Internet Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Di Mas Yaspendi Sungai Iyu Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 115-120.
Uno, W. A. (2021). Pengembangan teknologi pendidikan IPA berbasis multimedia dalam meningkatkan minat belajar siswa. Cv. Cahaya Arsh Publisher & Printing.
Wafa, A. (2017). Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber Belajar di MTsN Sumber Bungur Pamekasan. Kabilah: Journal of Social Community, 2(2), 237-253.
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179-194.
Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Disekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Se-Kecamatan Umbulharjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia
Yasintha, P., Darmawang, D., & Nur Risnawati, K. (2022). Peran Lingkungan Belajar terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di SMK Katolik Muktyaca. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 2(1), 12-20.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chandra, Khie Khiong

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work