Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kemampuan literasi membaca peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) Menemukan hambatan yang dialami peserta didik dalam literasi membaca, (3) Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data : reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kemampuan literasi membaca peserta didik dengan kategori tuntas berjumlah 2 peserta didik. Kemampuan literasi membaca kategori tidak tuntas yaitu 2 peserta didik. Faktor penghambat literasi membaca yaitu pengaruh televisi dan gadget, motivasi dan minat, kurangnya perhatian orangtua. Sedangkan faktor pendukung kemampuan literasi membaca yaitu pembiasaan literasi, bimbingan khusus dari guru, dan pemanfaatan sarana prasarana.
Keywords:
Kemampuan Literasi Membaca, sekolah dasarDownloads
References
Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardianti, H. (2019). Pengembangan Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik di Kelas IV Madrasah As’ Adiyah 170 Layang Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Haris, A., Pahar, E., & Yusra, H. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435-1443.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (Jupendas), 2(2).
Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1).
Muktiono, J. D. (2003). Aku cinta buku: menumbuhkan minat baca pada anak. Elex Media Komputindo.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.
Retaliandalas. (2017). Pengaruh Minat Membaca dan Motivasi Belajar. Jurnal Formatif. 7 (2), 190-197.
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Terampil: Jurnal pendidikan dan pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164.
Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985-2992.
Saputri, E. Y., Sundari, R. S., & Arifin, Z. (2019). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas II C Sekolah Dasar Negeri Gisikdrono 02 Semarang. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 1, No. 1, pp. 67-77).
Sarika, R. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49-56.
Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134-140.
Simamora, A. S. M. (2016). Persepsi Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Lampung: Universitas Lampung
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.
Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Tati, P., Oktaviani, U. D., & Riberu, E. D. H. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Cerita Rakyat Malin Kundang Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 02 Nanga Jetak Tahun Pelajaran 2021/2022. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA) (Vol. 2, pp. 317-326).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ilyun Navida, Rasiman, Dina Prasetyowati, Rafika Nuriafuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work