Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak usia sekolah dasar yang berusia 10 tahun dan upaya orang tua untuk mengatasi dampak negatif penggunaan gadget. Perilaku sosial adalah suatu tindakan seseorang yang merupakan hasil hubungan antar individu dengan lingkungan sekitarnya yang merupakan tanggapan pada lingkungan sosialnya. manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, melainkan sangat membutuhkan bantuan dari orang lain. Gadget merupakan suatu perangkat elektronik yang memilki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif, yang dilaksanakan pada anak usia sekolah dasar yang berusia 10 tahun. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan.pengumpulan adata yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget mempunyai dampak negatif dan Positif. Dampak negatif yaitu anak akan kurang aktif dalam bersosialisasi maupun kurang aktif secara fisik. Dampak positif yaitu mempermudah komunikasi, media hiburan anak, meningkatkan kenyamanan dalam belajar, meningkatkan pengetahuan. Upaya dalam mengatasi dampak megatif penggunaan gadget yaitu orang tua perlu memiliki pemahaman tentang gadget, memberi arahan, memberi pengertian, memberi nasehat kepada anak, membatasi anak dalam penggunaan gadget.
Keywords:
gadget, perilaku sosial, anak sekolah dasarDownloads
References
Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Akyas, Azhari. 2004. Psikologi dan Perkembangan. Jakarta Selatan: Teraju Azwar.
Anggraeni, Aisyah dan Hendyzal. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kehidupan Sosial para Siswa SMA. Jurnal PPKn dan Hukum. 13. (1). 68.
Anggraeni, Mila dkk. 2018. Hubungan Antara Kontrol Masyarakat dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 6. (1). 76.
Arsiton, Yummi dan Frahasini. 2018. Dampak Perkembangan Gadged Bagi perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Of Educational Review and Research. 1. (2). 88.
Creswell, J. W. (2009) Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches, Canada: SAGE Publications, Incorporated.
Efraim, Palar Jordan dkk. 2018. Hibungan Peran Keluarga dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Anak dengan Perilaku Anak dalam Penggunaan Gadget di Desa Kiawa 2 Barat kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan. 5. (2). 4.
Hakikin, Muhammad Ihsan. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadged terhadap Perilaku Sosial Santri Al Luqmaniyyah. Yogyakarta: Ushuluddin dan Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hastuti. 2012. Psikolog Perkembangan Anak. Yogyakarta: Tugu Publisher.
Hidayati, Laely. 2018. Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini berdasarkan Pemberian Gadged oleh Orangtua di Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Semarang: Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Hurlock, B. E. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, Elizabet. B. 1997. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kartono, Kartini. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Grafindo.
Kementrian Pendidikan dan kebuydayaan. 2016. Panduan Penilaian untuk Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Mnengah Atas. Jakarta.
Ltifa, Umi. 2017. Aspek Perkembangan pada Anak Sekoalah Dasar Masalah dan Perkembangannya. Jurnal Of Multidisciplinary Studies. 1. (2). 194.
Maryati, Kun dkk. 2001. Sosiologi. Yokyakarta: Erlangga.
Nisrima, siti dkk. 2016. Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kewarganegaraan. 1. (1). 195.
Noormianto, Faiz. 2018. Pengaruh Intensitas Anak Mengakses Gadged dan tingkat control orangtua Anak terhadap Interaksi Sosial Anak SD Kelas Tinggi di SD Pasuruhan Kidul Kudus Jawa Tengah. Elementary School. 5. (1). 141.
Novitasari, W. & Khotimah, N. (2016) Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 05 (03): 182- 186.
Nurfita, Sari Wiwik. 2018. Perkembangan Sosial anak Gifted Talent dalam Bersosialisasi dengan Teman Sebaya. Malang: Keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhamadiyah Malang.
Palupi, Putri Dini. 2018. Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar. 2. (1). 44-45.
Pebriana, P.H. 2017. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, Vol 1 (No.1), hal 1-11.
Ratna, Sari Cici dkk. 2019. Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3. (2). 419.
Roza, Emilia dkk. 2018. Pelatihan Memantau Pengguaan Gadget pada anak. Jurnal SOLMA. 7 (2). 212-213.
Sanjaya, wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prena Media Group
Sari, T.P & Mitsalia, A.A. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Profesi, 13 (2), 72-78.
Satibi, hidayat Otib. 2008. Metode Peengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Universitas Negri Jakarta.
Setianingsih dkk. 2018. Dampak Penggunaan Gadged pada Anak Usia Prasekolah dapat Meningkatkan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Jurnal GASTER, XVI. (2). 193.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujianti. 2018. Hubungan Lama dan Frekuensi Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah di TK Islam Al Irssyad 01 Cilacap. Jurnal kebidanan. 8. (1). 55.
Sunita, Indian dan Mayasari Eva. 2018. Pengawasam Orang Tua terhadap Penggunaan Gadged pada Anak. Jurnal Endurance. 3. (3).
Syahyudi, D. 2019. Pengaruh Gadged terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. Jurnal Kehumasan, 2 (1), 276.
Syifa, Layyinatus dkk. 2019. Dampak Penggunaan Gadged tehadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3 (4).
Taufiqurrahman dan Hasanatun Nida Najminur. 2019. Pendidikan Karakter Aanak Usia Sekolah Dasra dalam kelurga di Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8. (1).
Tri, Utami Dian. 2018. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. 1 (1), 41.
Trianingsih, Rima. 2016. Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah dasar. 2 (2), 199-201.
Wardiana, P. A., Wiarta, I. W., & Zulaikha, S. (2014). Hubungan antara Adversity Quotient (Aq) dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD. Jurnal PGSD, 2 (1), 1-11.
Warisyah, Yusmi. 2015. Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang Tua dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan di FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Ponorogo, 7 Nopember 2015.
Wijanarko, J & Setiawati, E. (2016). Pengaruh Gadget pada Perilaku dan Kemampuan Anak Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital. Jakarta : Keluarga Indonesia Bahagia.
Witarsa, Ramadhan dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadged terhadap kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik. VI. (1). 9.
Wulandari, Retno dkk. 2016. Perbedaan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun dengan Pendidikan Usia Dini dan tanpa Pendidikan Usia Dini di Kecamatan Peterongan Jombang. 8 (1), 51.
Zakiyuddin dkk. 2020. Dampak Gadget pada Anak Usia Remaja di SMP Negeri 02 Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2. (1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work