Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa

Authors

  • Easter Valupi Putri Universitas Kristen Satya Wacana
  • Adi Winanto Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5597

Abstract

Peran pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar sangat penting agar para siswa mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar, baik secara lisan maupun tertulis. Oleh karenanya, guru sekolah dasar harus memperhatikan capaian belajar siswa dalam mata pelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dan penggunaan media video terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Salatiga 03 dan di SD Negeri Salatiga 05 pada bulan Mei 2023 Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Subjek pada penelitian ini yakni 27 siswa di SD Negeri Salatiga 03 dan 25 siswa di SD Negeri Salatiga 05. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa yang berjumlah 12 butir pilihan ganda. Hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample T Test untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dan media video terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Hasil pengujian rata-rata hasil tes dengan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan media video lebih baik dibandingkan siswa di kelas konvensional. Dari hasil ini maka model pembelajaran Think Pair Share dan penggunaan media video berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SD. Dengan demikian kesimpulan dari peneltian ini adalah Model Pembelajaran Think Pair Share dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa.

Keywords:

Model Pembelajaran Think Pair Share, Media Video, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, D., & Ningsih, K. (2016). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Media Poster Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(12).

Hamdayama, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter (R. Sikumbang, Ed.). Ghalia Indonesia.

Hastuti, S., & Neviyarni, N. (2021). Teori Belajar Bahasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.179

Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan (S. Z. Qudsy & A. Fawaid, Eds.). Pustaka Belajar.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran (Rusdianto, Ed.). DIVA Press.

Mulyati, Yeti (2015) Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. In: Hakikat keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka, Jakarta.

Nainggolan, E., Sidabutar, Y. A., & Pasaribu, S. (2022). Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun di Sekolah pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 13 Pahang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7072-7082.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3613

Rahman, A. A., Sianipar, D., Affrida, E. N., Mustakim, & Baiti, N. (2023). Media Dan Teknologi Pembelajaran (A. Yanto & T. P. Wahyuni, Eds.). Global Eksekutif Teknologi. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Dan_Teknologi_Pembelajaran/_cS1EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&kptab=overview

Riyanti, A., Hersusini, Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfiani, O., Khadijah, I., Wahyuni, R. S., Rahmawati, Y., Musyawir, Chadijah, S., Sutisnawati, A., Fatma, & Ihsan, M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (A. Masruroh, Ed.). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Siregar, R. A. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia (N. M. Pratama, Ed.). LPP Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Sutopo, Ed.; pp. 119–196). Penerbit Alfabeta Bandung.

Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., Tahrim, T., Jefryadi, Jonata, Rismayani, Kusumawardan, R. N., Bahtiar, I. R., & Sholeh, M. (2022). Desain Media Pembelajaran SD/MI (S. Pertiwi, Ed.). Yayasab Penerbit Muhammad Zani.

Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26

Teluma, M., & Rivaie, H. W. (2019). Penelitian (R. P. Yudha, Ed.). PGRI Prov Kalbar dan Yudha English Gallery.

Downloads

Abstract Views : 550
Downloads Count: 392

Published

2023-07-28

How to Cite

Putri, E. V., & Winanto, A. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1302–1307. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5597

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.