Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5597Abstract
Peran pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar sangat penting agar para siswa mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar, baik secara lisan maupun tertulis. Oleh karenanya, guru sekolah dasar harus memperhatikan capaian belajar siswa dalam mata pelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dan penggunaan media video terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Salatiga 03 dan di SD Negeri Salatiga 05 pada bulan Mei 2023 Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Subjek pada penelitian ini yakni 27 siswa di SD Negeri Salatiga 03 dan 25 siswa di SD Negeri Salatiga 05. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa yang berjumlah 12 butir pilihan ganda. Hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample T Test untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dan media video terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Hasil pengujian rata-rata hasil tes dengan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan media video lebih baik dibandingkan siswa di kelas konvensional. Dari hasil ini maka model pembelajaran Think Pair Share dan penggunaan media video berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SD. Dengan demikian kesimpulan dari peneltian ini adalah Model Pembelajaran Think Pair Share dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa.
Keywords:
Model Pembelajaran Think Pair Share, Media Video, Hasil BelajarDownloads
References
Ardianti, D., & Ningsih, K. (2016). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Media Poster Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(12).
Hamdayama, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter (R. Sikumbang, Ed.). Ghalia Indonesia.
Hastuti, S., & Neviyarni, N. (2021). Teori Belajar Bahasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.179
Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan (S. Z. Qudsy & A. Fawaid, Eds.). Pustaka Belajar.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran (Rusdianto, Ed.). DIVA Press.
Mulyati, Yeti (2015) Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. In: Hakikat keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka, Jakarta.
Nainggolan, E., Sidabutar, Y. A., & Pasaribu, S. (2022). Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun di Sekolah pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 13 Pahang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7072-7082.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3613
Rahman, A. A., Sianipar, D., Affrida, E. N., Mustakim, & Baiti, N. (2023). Media Dan Teknologi Pembelajaran (A. Yanto & T. P. Wahyuni, Eds.). Global Eksekutif Teknologi. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Dan_Teknologi_Pembelajaran/_cS1EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&kptab=overview
Riyanti, A., Hersusini, Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfiani, O., Khadijah, I., Wahyuni, R. S., Rahmawati, Y., Musyawir, Chadijah, S., Sutisnawati, A., Fatma, & Ihsan, M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (A. Masruroh, Ed.). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Siregar, R. A. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia (N. M. Pratama, Ed.). LPP Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Sutopo, Ed.; pp. 119–196). Penerbit Alfabeta Bandung.
Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., Tahrim, T., Jefryadi, Jonata, Rismayani, Kusumawardan, R. N., Bahtiar, I. R., & Sholeh, M. (2022). Desain Media Pembelajaran SD/MI (S. Pertiwi, Ed.). Yayasab Penerbit Muhammad Zani.
Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26
Teluma, M., & Rivaie, H. W. (2019). Penelitian (R. P. Yudha, Ed.). PGRI Prov Kalbar dan Yudha English Gallery.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Easter Valupi Putri, Adi Winanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work