Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5038Abstract
Matematika masih menjadi salah satu mata pelajaran dengan capaian hasil belajar yang rendah. Situasi ini dialami oleh hampir seluruh siswa, termasuk siswa kelas 5 SD Negeri Bergas Kidul 03. Dari hasil observasi diketahui minat dan hasil belajar siswa di sekolah tersebut masih rendah. Penelitian ini berusaha memperbaiki proses pembelajaran untuk memecahkan permasalahan rendahnya minat dan hasil belajar siswa khususnya pada muatan pelajaran Matematika siswa SD kelas 5 dengan menerapkan model kooperatif tipe make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V di SD Negeri Bergas Kidul 03. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar dan non tes berupa skala sikap untuk mengukur minat siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pada prasiklus, persentase siswa dengan minat belajar berkategori sangat tinggi masih 0%, persentase siswa dengan minat belajar tinggi 17%. Pada siklus I persentase siswa dengan minat belajar sangat tinggi 0%, persentase siswa dengan minat belajar tinggi 48%. Pada siklus II, persentase siswa dengan minat belajar sangat tinggi 22%, persentase siswa dengan minat belajar tinggi 57%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada setiap siklus yaitu pada prasiklus menunjukkan rata-rata 41,4, rata-rata siklus I sebesar 67 dan rata-rata siklus II sebesar 81,5. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dari mulai pra siklus hingga siklus II. Dengan demikian, kesimpuan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.
Keywords:
Make A Match, Hasil Belajar Matematika, Minat BelajarDownloads
References
Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3228
Ananda, S. F. D., & Fauziah, A. N. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 390–403. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.491
Azryasalam, A., Friska, S. Y., & Purwanto, K. (2020). Pengaruh model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(1), 40-47.
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.
Gading, I. K., & Kharisma, K. D. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 153-160.
Ginting, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran Ips Di Kelas V Sd. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 6(1), 19–29. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i1.5999
Jolianis, J., Wahyuni, S., & Sistria, E. A. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match dengan Pembelajaran Konvensional di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Pendidikan Ekonomi, 2(2), 29799
Khausar. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru Yang Bervariasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa. Jurnal Genta Mulia, V(2), 72–85.
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653
Magfirah, A., Syarif, I., & Rahmat, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2), 9–18. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.2592
Mahfud, M. (2019). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Quran Hadist Kelas IV di MI Darul Ulum Lemah Putih Wringinanom Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 130–148. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.50
Mu'arifah, I. A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan dan Prestasi Belajar Siswa dengan Metode Make a Match dan Picture and Picture pada Mata Pelajaran IPS Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2).
Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-21.
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
Saputro, B., & Saring Marsudi, S. H. (2017). Kontribusi Minat Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SD Muhammadiyah 14 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sari, S. P. (2020). Penggunaan Metode Make a match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19-24.
Sitompul, H. S., & Maulina, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i1.1008
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative. (MNC Publishing).
Sutriyani, W. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa PGSD era pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 2(1).
Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan Metode dan Media Bervariasi dengan Minat Siswa dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 134. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142
Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55
Utari, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Dengan Metode Gerak Dan Lagu (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B RA Al Hidayah Rancah Kabupaten Ciamis). Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1-12
Wanti, N. I. (2022). Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(1), 44-50.
Yulia, S. (2022). Enerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipa Kelas Iii Sd Negeri 1 Tanjung Sakti Pumi Kabupaten LahaT (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Melati Retno Kencono, Nyoto Harjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work