Internalisasi Nilai Nilai Pedagogik Profetik Untuk Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Karakter Pada Jenjang Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.2970Abstract
Kemerosotan karakter merupakan problematika yang dewasa ini sedang terjadi di sekolah dasar. Kondisi tersebut jika dibiarkan dapat menimbulkan berbagai perilaku yang menyimpang dan merugikan diri serta orang lain. Berkenaan dengan hal itu maka tujuan dari penelitian ini adalah upaya menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar melalui internalisasi nilai-nilai pedagogik profetik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan untuk menghadirkan beragam pemikiran dari para ahli peneliti menggunakan metode deskriptif sementara untuk mengumpulkan beberapa reperensi yang ada hubungannya dengan obyek penelitian menggunakan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa nilai-nilai pedagogik profetik berperan penting dalam menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar.
Keywords:
Internalisasi, Pedagogik Profetik, KarakterDownloads
References
Akbar, S (2010) Model Pembelajaran Nilai Dan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan Di Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17, Nomor 1, Februari 2010, hlm. 46-54
Ansori YZ. (2020). Penguatan Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Sains Bernuansa Pendidikan Nilai Jurnal Bio Educatio, Volume 5, Nomor 1, April 2020 hlm. 57-64 ISSN: 2541-2280
Ansori YZ. (2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, FKIP Universitas Majalengka
Amran dkk (2019) Model Pembelajaran Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Untuk Generasi Indonesia Abad 21 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) BIMA Lentera Pendidikan:Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 233-242.
Arifuddin (2019) Konsep Pendidikan Profetik (Melacak Visi Kenabian dalam Pendidikan) Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia Jurnal Mudarrisuna Vol. 9 No. 2
Faesol, A. (2010) Menggagas Perubahan Sosial Profetik. Pascasarjana Program Studi Magister Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang
Hakam, K.A. (2000) Pendidikan Nilai. Bandung: Value Press
Hakam, K.A. (2005) Nilai Sosial Budaya Dalam Pendidikan Umum. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Hakam, K.A. (2015). Modul Internalisasi Nilai. Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta
Hakam, K.A. (2016). Internalisasi dan Konstruksi Nilai, Seminar Internasional Pendidikan Karakter, Universitas Pendidikan Indonesia.
Ismail, S. G. (2013) Implementasi Pendidikan Profetik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam,Vol.5,No. 2
Ilmi, M .(2020). Implementasi nilai nilai pendidikan profetik dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran IPS di SMP Brawijaya Smart School. Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim
Khoiron, R. (2004). Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Latif , A (2014) Masa Depan Ilmu Sosial Profetik dalam Studi Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Kuntowijoyo) UIN Sunan Kalijaga
Lutfi, M .(2017). Urgensi Pendidikan Profetik bagi Pendidik. Jurnal Kependidikan. ISSN 25984845; p-ISSN 2355-018X JK 5 (2) (2017) 261-278
Masrifatin, Y .(2018) Konsep Pendidikan Profetik Sebagai Pilar Humanisasi, Jurnal Lentera keagamaan
Miftahulloh (2017) Pendidikan Profetik Perspektif Moh. Roqib Dan Implikasinya dalam Rekonstruksi Pendidikan Islam Integratif . IAIN Purwokerto
Muqowim .(2008). Menggagas Pendidikan Islam Transformatif (Upaya Mewujudkan Kesadaran Profetik dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, vol.1 no.1 .
Muhsinin (2013) Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran Vol. 8, No. 2, Agustus 2013 Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Mustajab (2010) Kepribadian Guru yang Profetik(Kajian Analitik Terhadap Buku Spiritual Teaching Karya Abdullah Munir). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijagayogyakarta
Nata, A (2015). Pendidikan Islam Profetik Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.http://jurnal.fai-umj.ac.id/
Otaya, L G. (2014) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Istitut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo Vol. 8, Nomor 1,
Salsabilah (2019) Pendidikan Karakter Islami Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Penelitian di SDN 12 Ciseureuh Kahuripan Pajajaran Purwakarta) Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung Cendekia Vol. 17 No 2,
Siswanto (2013) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan. Tadrîs Volume 8 Nomor
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yoyo Zakaria Ansori, Asep Jejen Jaelani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work