Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru

Authors

  • Eka Wulanndari Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Sutikyanto Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Mujiyanto Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6582

Abstract

Pendidikan berperan dalam pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai spiritualitas, kepribadian, keterampilan, dan kecerdasan yang diperlukan. Fokus pada proses pembelajaran mempengaruhi sejauh mana tujuan pendidikan tercapai, dengan peran penting guru sebagai kunci dalam proses ini. Kompetensi pedagogik menjadi keterampilan krusial bagi guru, namun juga vital bagi mahasiswa sebagai calon guru saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini mengeksplorasi pemahaman mahasiswa tentang PPL dan kemampuan pedagogik mereka. Metode penelitian fenomenologis kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Tiga mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, yang telah melakukan PPL selama 2 bulan di SMP dan SMA, menjadi subjek penelitian. Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasilnya menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang PPL dan kompetensi pedagogik. Mereka mengakui pentingnya keterampilan pedagogik dalam konteks PPL. Meskipun demikian, ada ruang untuk peningkatan dalam penerapan praktis kompetensi ini saat belajar mengajar. Kesimpulannya, mahasiswa calon guru menunjukkan pemahaman yang baik tentang PPL dan kompetensi pedagogik. Namun, terdapat potensi peningkatan dalam penerapan praktis kompetensi pedagogik saat melakukan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menekankan pentingnya pemahaman PPL dan kompetensi pedagogik bagi pendidikan guru masa depan.

Keywords:

Kompetensi, Pedagogik, Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, B. (2018). Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 6(2), 114-125. https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129

Fitrianova, N. (2020). Studi Korelasi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru dengan Pengelolaan Kelas di MIN 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 51-59.

Hardjon, B., Siagian, S., & Mursid, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1)., 22–35.

Hardianti, E., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Pengenalan Lapangan Persekolahan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 95–103. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p95-103

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40.

Imron, A., & Putri, L. I. (2018). Kompetensi Pedagogik Peserta Praktik Pengalaman Lapangan. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 9(1), 64-87.

Indriani, F. (2016). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Micro Di Pgsd Uad Yogyakarta. Elementary School 3, 3(1), 1–12.

Izzati, R. (2016). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Calon Guru Geografi: Studi Terhadap Kompetensi Menyelenggarakan Pembelajaran yang Mendidik Mahasiswa PPL Geografi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.

Khairuddin, K., Triansyah, A., & Hidasari, F. P. (2018). Kompetensi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Tahun 2018 Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(11).

Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(2), 121-126.

Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16-19.

Maretika, L. D., & Kurniawan, D. A. (2018). Analisis kompetensi pedagogik dan kompetensi IPA terhadap calon guru sekolah dasar PGSD FKIP universitas jambi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 41-49.

Mubarok, R. (2020). Model pengelolaan praktik pengalaman lapangan pada masa pandemi. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 147-160.

Munandar, K. (2019). Pedagogic Competency of Biological Education. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 76–89.

Nur, A. A. (2020). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 65-72.

Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis tik masa pandemi covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841-852.

Siringo-ringo, E. B., Ulfah, M., & Okianna, O. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Yang Melaksanakan PPL-2 Tahun 2017. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(6).

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).

Downloads

Abstract Views : 797
Downloads Count: 635

Published

2024-01-03

How to Cite

Wulanndari, E., Sutikyanto, S., & Mujiyanto, M. (2024). Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 98–104. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6582

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.