Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6582Abstract
Pendidikan berperan dalam pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai spiritualitas, kepribadian, keterampilan, dan kecerdasan yang diperlukan. Fokus pada proses pembelajaran mempengaruhi sejauh mana tujuan pendidikan tercapai, dengan peran penting guru sebagai kunci dalam proses ini. Kompetensi pedagogik menjadi keterampilan krusial bagi guru, namun juga vital bagi mahasiswa sebagai calon guru saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini mengeksplorasi pemahaman mahasiswa tentang PPL dan kemampuan pedagogik mereka. Metode penelitian fenomenologis kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Tiga mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, yang telah melakukan PPL selama 2 bulan di SMP dan SMA, menjadi subjek penelitian. Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasilnya menunjukkan mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang PPL dan kompetensi pedagogik. Mereka mengakui pentingnya keterampilan pedagogik dalam konteks PPL. Meskipun demikian, ada ruang untuk peningkatan dalam penerapan praktis kompetensi ini saat belajar mengajar. Kesimpulannya, mahasiswa calon guru menunjukkan pemahaman yang baik tentang PPL dan kompetensi pedagogik. Namun, terdapat potensi peningkatan dalam penerapan praktis kompetensi pedagogik saat melakukan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menekankan pentingnya pemahaman PPL dan kompetensi pedagogik bagi pendidikan guru masa depan.
Keywords:
Kompetensi, Pedagogik, MahasiswaDownloads
References
Anwar, B. (2018). Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 6(2), 114-125. https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129
Fitrianova, N. (2020). Studi Korelasi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru dengan Pengelolaan Kelas di MIN 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 51-59.
Hardjon, B., Siagian, S., & Mursid, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1)., 22–35.
Hardianti, E., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Pengenalan Lapangan Persekolahan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 95–103. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p95-103
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40.
Imron, A., & Putri, L. I. (2018). Kompetensi Pedagogik Peserta Praktik Pengalaman Lapangan. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 9(1), 64-87.
Indriani, F. (2016). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Micro Di Pgsd Uad Yogyakarta. Elementary School 3, 3(1), 1–12.
Izzati, R. (2016). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Calon Guru Geografi: Studi Terhadap Kompetensi Menyelenggarakan Pembelajaran yang Mendidik Mahasiswa PPL Geografi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.
Khairuddin, K., Triansyah, A., & Hidasari, F. P. (2018). Kompetensi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Tahun 2018 Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(11).
Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(2), 121-126.
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16-19.
Maretika, L. D., & Kurniawan, D. A. (2018). Analisis kompetensi pedagogik dan kompetensi IPA terhadap calon guru sekolah dasar PGSD FKIP universitas jambi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 41-49.
Mubarok, R. (2020). Model pengelolaan praktik pengalaman lapangan pada masa pandemi. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 147-160.
Munandar, K. (2019). Pedagogic Competency of Biological Education. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 76–89.
Nur, A. A. (2020). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 65-72.
Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis tik masa pandemi covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841-852.
Siringo-ringo, E. B., Ulfah, M., & Okianna, O. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Yang Melaksanakan PPL-2 Tahun 2017. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(6).
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Wulanndari, Sutikyanto, Mujiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work