Living Values Education Program Untuk Meningkatkan Karakter Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran PPKN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4328Abstract
Pendidikan karakter penting diberikan sejak dini untuk menanamkan karakter dan nilai-nilai yang positif. Salah satu karakter yang perlu dimiliki siswa adalah karakter nasionalisme karena maraknya kasus dekstruktif dalam konteks kebangsaan. Hal tersebut tidak mudah dilakukan, apalagi dengan pembelajaran yang monoton. Permasalahan-permasalahan tersebut memaksa guru untuk segera melakukan inovasi pembelajaran, khususnya terkait penanaman nilai-nilai karakter nasionalisme. Salah satu teknik yang dapat diterapkan adalah dengan menerapkan Living Values Education Program (LVEP). LVEP merupakan sebuah program pendidikan nilai yang menghadirkan berbagai pengalaman dan metode praktis bagi guru dan fasilitator untuk membantu anak-anak dan remaja mengeksplorasi dan mengembangkan nilai-nilai penting personal dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap karakter nasionalisme siswa sekolah dasar dalam pembelajaran PPKn. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi˗eksperiment. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan paired sample t-test. Hasil analisis uji beda nilai pretest dan posttest penerapan LVEP menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan karakter nasionalisme siswa. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh LVEP terhadap karakter nasionalisme siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini mendukung penelitian-penelitian LVEP sebelumnya.
Keywords:
LVEP, karakter, nasionalismeDownloads
References
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3 (2), 305.
Anggriani, R., Asrin, A., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Living Values Education Program Terhadap Penguatan Karakter Nasionalisme.: Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 50–57.
Apriani, A. (2019). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-Radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik.Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10 (2).
Apriani, A., Indah P. S., & Intan K. S. (2017). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2). https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1947.
Deviana, T. & Nawang S. (2019). Nilai Karakter Nasionalisme pada Siswa Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (1), 97-112.
Manery, R. (2010). Philosophy of Education. London: Sage.
Prastyo, G. B., Puspita, A. M. I., & Nurmalasari, W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Explee Berbasis Video Interaktif Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 52-59.
Puspita, A. M. I. (2019). Peran Budaya Literasi Pada Peningkatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 105-113.
Puspita, A. M. I., & Setyaningtyas, D. (2022). Pengembangan Media Pop-up Book Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 915-922.
Putri, D. p. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Ar- Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1).
Qadafi, M. (2020). Pendekatan Living Values Education dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak di RA Tiara Chandra Yogyakarta. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 125. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6617
Saputra, N. E., & Islamiah, R. (2019). Konstruksi alat ukur karakter mandiri. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 143. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15137.
Sari, N. K. & Linda D. P. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2 (1).
Suardipa, I. P. (2019). Perspektif Living Values Education (LVE) dalam Kajian Filsafat Indonesia Berbasis 3N (Nalar, Nurani, dan Naluri). Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2 (1). https://doi.org/10.55115/bhuwana.v2i1.172.
Tillman, D. & Colomina, Q. (2000). LVEP Educator Training Guide: New York: An Educational Program, Inc.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sunarno, Bahrul Sri Rukmini, Ari Metalin Ika Puspita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work