Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695Abstract
Pendidikan karakter merupakan langkah penting dan strategis dalam membangun kembali jati diri bangsa dan menggalang pembentukan masyarakat Indonesia. Salah karakter yang perlu ditanamkan pada anak adalah karakter peduli sosial. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam membentuk karakter anak, salah satunya melalui media film. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter peduli sosial melalui film jembatan pensil karya Hasto Broto pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode analisis wacana dan dideskripsikan dalam bentuk naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pencatatan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SD 2 Mlati Lor Kudus. Objek penelitian adalah nilai pendidikan karakter sosial dalam film pada pembelajaran tematik di kelas III yang berjumlah 9 orang siswa. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada nilai kepedulian sosial dalam film jembatan pensil, yaitu saling membantu, sahabat sejati, ikhlas dalam membantu, berbagi, dan gotong royong. Pendidikan karakter melalui film ini berhasil membentuk karakter peduli sosial anak. Hal ini terlihat dari kepedulian anak dalam berbagi makanan dengan teman, meminjamkan alat tulis kepada teman, dan gotong royong dalam membersihkan kelas.
Keywords:
pendidikan karakter, peduli sosial, pembelajaran tematik, sekolah dasarDownloads
References
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran nilai karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif. Rajawali Pers.
Daryanto & Suryatri, D. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.
Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam (Vol. 1, Issue 1).
Fathurohman, I., Nurcahyo, A. D., Shokib, W., Prodi, R., Guru, P., & Dasar, S. (2014). Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Untuk Memacu Keaksaraan Multibahasa Pada Siswa Sekolah Dasar.
Rahmi, A., & Fitriah, F. (2017). Pelaksanaan Sikap Kesetiakawanan Sosial Anak Di Smp Negeri 1 Unggul Sukamakmur. Serambi Tarbawi, 5(1).
Ganiem., Ambadar. , & S. (2015). PSR (Personal Sosial Resposibility) Aku, Kamu, Kita Bisa. Prenada Media Kencana.
Hartati, A., & Haeratunnisa, H. (2019). Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Menolong Pada Siswa Kelas Xi Ips Sman 5 Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).
Jalil, A., Tinggi, S., Islam, A., & Kudus, N. (2012). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2). http://journal.walisongo.ac.id/index.php/
Karim, M. A. (2022). Harmoni di Tengah Keragaman: Model Kerukunan Antarumat Beragama di Masyarakat (Studi Kasus di Kelurahan Sunggingan Kabupaten Kudus) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Masrukhan, A. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Di Sd Negeri Kotagede 5 Yogyakarta The Implementation Of Social Care Character Education In Sd N Kotagede 5 Yogyakarta. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 29).
Melati, P., Anggraini, N., Heru, H., Suryanti, S., & Widyaningrum, R. (2021). Analisis Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas V Di Sdn Sambirejo Surakarta. Jurnal Sinektik, 4, 1–8. https://doi.org/10.33061/js.v3i2.0000
Mella Agustina, I., Listyarini Sunan Baedowi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I., Kunci, K., & Pensil, J. (2021). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 2(2). http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/index
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Munawaroh, R. L., Prasetyo, S. A., Guru, J. P., & Dasar, S. (2019). Nilai Karakter dalam Film Animasi “Horton Hears A Who” Sudut Pandang. IVCEJ, 2(1).
Nasution, M. (2017). Upaya meningkatkan moral pada anak melalui pembiasaan berbagi di ra nurul huda karang rejo kecamatan stabat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 84-100.
Pardosi, J., Ginting, J. A., Veronica, A., & Siahaan, H. (2021). Marsirimpa as Core Cultural Value to Improve Social Value in Siponjot Village. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 707-713.
Parera, M. M. A. E., & Marzuki, M. (2020). Kearifan Lokal Masyarakat dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 38-47.
Payuyasa, N., Primayana, K. H., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., Singaraja, K., & Id, P.-D. A. (2020). Meningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Melalui Film “Sokola Rimba.” http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM
Permana, B. I., & Mursidi, A. (2020). Peranan Tentang Nilai Gotong Royong Sebagai Bentuk Penerapan Sila Ke-Tiga Pancasila Di Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih Kab. Situbondo. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 13-20.
Pratama, G. A., Soegeng, S., & Sukamto, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Yang Terdapat Dalam Film Upin Dan Ipin Pada Kehidupan Sehari-Hari Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(1). https://doi.org/10.51874/jips.v3i1.43
Sa’adah, F. M., & Rahman, I. K. (2015). Konsep bimbingan dan konseling cognitive behavior therapy (CBT) dengan pendekatan islam untuk meningkatkan sikap altruisme siswa. Jurnal Hisbah, 12(2), 49-59.
Tabi’in Dosen, A., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Pekalongan, I. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial.
Widiyatmaka, W., Sulistyo, E. T., & Nugroho, S. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Sang Kiai.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aprilia Nilamsari, Much Arsyad Fardani, Lintang Kironoratri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work