Muatan Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Tematik Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1 Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4933Abstract
Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan bertujuan bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak didik saja, namun juga menjadi wadah untuk membentuk karakter anak didik. Pendidikan karakter harus dilakukan dalam dunia pendidikan agar peserta didik dapat membentuk karakter dan mengolah diri dari hal-hal negatif. Oleh karenanya setiap perangkat pembelajaran yang digunakan harus mampu menanamkan karakter pada anak didik, termasuk juga buku pelajaran. Penelitian ini berusaha menganalisis muatan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri pada Tema 4 Kewajiban dan Hakku, Subtema 1 Kelas III SD/MI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri tema 4 kewajiban dan hakku, subtema 1 kelas III SD/MI edisi revisi tahun 2019. Dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dokumen terdiri atas tiga proses yaitu pereduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data nilai-nilai karakter yang ditemukan pada subtema 1 yaitu nilai religius, nilai nasionalisme, nilai integritas, nilai mandiri dan nilai gotong royong. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan ditemukan sebanyak 132 data nilai karakter pada subtema 1. Adapun rincian setiap data nilai karakter tersebut yaitu: (1) religius 26; (2) nasionalisme 23; (3) integritas 38; (4) mandiri 23; (5) gotong royong 22. Berdasarkan hasil analisis pada buku tematik terbitan tiga serangkai pustaka mandiri tema 4 kewajiban dan hakku, subtema 1 kelas III SD/MI edisi revisi tahun 2019 memuat 5 nilai karakter sesuai Permendikbud No 20 tahun 2018.
Keywords:
Nilai Karakter, Bahan Ajar, Buku TematikDownloads
References
Alwi, Z., Ernalida, E., & Lidyawati, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 7(1).. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/download/11622/5457
Bawa, A. A. W. dkk. (2019). Tematik 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku untuk Kelas III SD dan MI. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Hakim, T. R. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membina Moderasi Kehidupan Beragama. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 192–200. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.188
Hermawan, I. (2020). Konsep Nilai-Nilai Karakter Islami Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 200-220.
Khan, Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing
Mumpuni, A & Masruni, M. S. (2016). Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter. 6 (1), 18-19
Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Moleong, L. J. (2016). Metedologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nata, A. (2021). Pendidikan Karakter untuk Menjawab Tantangan Abad ke-21. http://abubdin.lec..uinjkt.ac.id/articles/pendidikan-karakter-untuk-menjawab-tantangan-abad-ke-21-1
Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113-118.
Nurhalimah, I. S. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter: Study Kasus di SMP YPPI Baleendah Kabupaten Bandung. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 219–224. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.191
Nurrohmatul, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Gosyen Publishing
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana
Prawiyata, Y. D. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN 106160 Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (1), 16-18
Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter film animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253-1263.
Rony & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Interdisciplinary Journal of Islamic Education. 1 (1), 79-100
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaiif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharyanto, E. H. P. (2014). Internalisasi nilai-nilai religius dan kepedulian sosial dalam meningkatkan kompetensi sosial siswa di Madrasah: Studi Multi Situs di MAN Malang 1 dan MAN 3 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Susanto, N. H. ., & Ngazizah, N. (2022). Ensiklopedia Digital Berbasis Generik Sains dan Karakter Islami Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 261–272. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.201
Suyitno, S., & Waskito, A. P. N. (2022). Penguatan Karakter Integritas Di Sd Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta Pada Masa Pandemi. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 9(1), 79-86.
Wiyani, N. A. (2013). Membangun Pendidikan Karakter di SD Konsep, Praktis & Strategis. Jakarta: AR-Ruzz Media.
Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi pendekatan metode montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19.
Yudhawati, D. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karaktermahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Matakuliah Pengembangan Kepribadian. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 73-77.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuyun Hartita, Muhammad Tahir, Hasnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work