Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana

Authors

  • I Gusti Agung Mas Bintang Anastasya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3084

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya karakter peduli sosial sehari – hari yang ditunjukkan oleh siswa sekolah dasar. Contohnya, siswa bersikap acuh bila ada teman atau guru yang memerlukan bantuan. Untuk meningkatkan karakter peduli sosial siswa perlu diberikan pembiasaan yang baik, seperti memberikan pembiasaan Tri Hita Karana. Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan karakter peduli sosial siswa sekolah dasar melalui pembiasaan Tri Hita Karana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap 2021/2022 untuk siswa sekolah dasar. Subjek penelitian merupakan 25 siswa kelas 5 di SD No. 1 Sibangkaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan penelitian tindakan kelas ini yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pemantauan dan evaluasi, serta 4) analisis dan relfeksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai – nilai karakter peduli sosial siswa yang dapat dilihat dari kenaikan persentase dari siklus 1 dan 2. Kenaikan persentase karakter peduli sosial siswa yaitu sebesar 21%, pada siklus 1 rata – rata persentase karakter peduli sosial siswa yaitu 66,6% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 87,6%. Penelitian ini telah mencapai kategori “sudah menjadi kebiasaan”. Hal ini menunjukkan bahwa pembiasaan Tri Hita Karana dapat meningkatkan karakter peduli sosial siswa.

Keywords:

Karakter Peduli Sosial, Pembiasaan, Tri Hita Karana

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, F. P. (2020). Arah Pendidikan Karakter Pancasila Era Pandemi Covid 19. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(4), 175–180.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 23–24.

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Historis, 5(2), 146–150. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432/pdf

Ambarsari, D., Hadiwinarto, H., & Herawati, A. A. (2022). Korelasi Antara Pembelajaran Full Day School Dengan Karakter Peduli Sosial Siswa Smp It Hidayatullah Kota Bengkulu Dan Implikasi Bimbingan Dan Konseling. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 18–26. https://doi.org/10.33369/consilia.5.1.18-26

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p238

Anjar Wijayanti, Maryadi, A. W. (2019). Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SDN 04 Kebongembong Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal TP 2017/2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/10432/9369

Apriyani, N. M., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2021). Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 7(2), 110–117.

Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802

Arimbawa, I. G. A., Atmadja, N. B., & Natajaya, I. N. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Membangun Nilai Karakter Siswa melalui Implementasi Tri Hita Karana. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 31. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20306

Arta Jaya, K. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 57. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.759

Diantari, N. P. M., & Gede Agung, A. A. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Dianto. (2021). Character Building in New Normal Islamic Education. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 2, 264–269. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/6255

Dikta, P. G. A. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke-21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 127. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3103

Dita, M. A. D. P., Wiranata, I. M. R. A., Sari, K., & Sujana, I. W. (2019). Penglipuran sebagai desa edukasi berbasis Tri Hita Karana dalam pengembangan karakter SD. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 97–105. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/21228

Fitri, A. A. & E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 163–180.

Gestiardi, R. (2021). Strengthening The Responsibility Character Education Of Elementary Schools In The Pandemic Era. Pendidikan Karakter, 1, 1–11. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/39317/pdf

Hartati, A., & Astriningsih, N. (2020). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar Dengan Empati Siswa. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2901

Horowski, J. (2020). Education for Loneliness as a Consequence of Moral Decision-Making: An Issue of Moral Virtues. Studies in Philosophy and Education, 39(6), 591–605. https://doi.org/10.1007/s11217-020-09728-7

Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(3), 662–672. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255

Karpika, I. P., & Mentari, R. M. (2020). Tri Hita Karana Dalam Meningkatkan Karakter. 1(November), 464–470. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286693

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26.

Kusumawardani, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10

Lilik, & Mertayasa, I. K. (2019). Esensi Tri Hita Karana Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Bawi Ayah, 10(2), 1–13.

Mega Rezkiana, N., & Torro, S. (2019). Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 6(3), 95–100.

Munir, M., Sholehah, H., & Rusmayadi, M. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Pendidikan Sekolah Dasar. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 2(1), 31–36. https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.285

Mutiara, A. R., & Mayasari, S. (2018). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 6(1), 3, 4.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (Cetakan Pe). DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?id=djX4DwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=HZZM6wJhCc&dq=Penelitian tindakan kelas&lr&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q=Penelitian tindakan kelas&f=false

Pradnyawathi, N. N. C., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Purba, P. B., Tentrem, A., Kuswandi, S., Lihardo, I., Joni, Arsen, Ika, & Masrul. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Cetakan 1). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=LCQ5EAAAQBAJ&lpg=PA83&ots=fK7uOCNg2u&dq=Penelitian tindakan kelas&lr&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q=Penelitian tindakan kelas&f=false

Qin, C., Cheng, X., Huang, Y., Xu, S., Liu, K., Tian, M., Liao, X., Zhou, X., Xiang, B., Lei, W., & Chen, J. (2022). Character strengths as protective factors against behavior problems in early adolescent. Psicologia: Reflexão e Crítica, 35(1). https://doi.org/10.1186/s41155-022-00217-z

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 10(1), 54–63.

Rusliyawati, R., Muludi, K., Wantoro, A., & Saputra, D. A. (2021). Implementasi Metode International Prostate Symptom Score (IPSS) Untuk E-Screening Penentuan Gejala Benign Prostate Hyperplasia (BPH). Jurnal Sains Dan Informatika, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.34128/jsi.v7i1.298

Saraswati, A. J., Bramasta, D., & Eka, K. I. (2020). Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7583

Sari, A., & Sari, P. (2018). Penerapan Model GI dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Mandiri dan Komunikatif. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 76–84. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5123

Sari, V. K., Akhwani, A., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2106–2115.

Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar Lailatus Shoimah, Sulthoni, Yerry Soepriyanto. Jktp, 1(2), 169–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224

Tirtayani, L. A., Wulandari, I. G. A. A., & Ade Sessiani, L. (2019). Balinese Folktales As A Medium: Modifying Stories Of The Special Need Concept To An Early Age Children. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 53. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.16294

Viningsih, T. V. (2020). Peran Guru PPKn dalam Pembinaan Karakter Peduli Sosial Peserta Didik Di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya, 08, 826–840.

Vuorinen, K., Pessi, A. B., & Uusitalo, L. (2021). Nourishing Compassion in Finnish Kindergarten Head Teachers: How Character Strength Training Influences Teachers’ Other-Oriented Behavior. Early Childhood Education Journal, 49(2), 163–176. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01058-0

Wibowo, E. W. (2020). Analisis Pendidikan Karakter Religius, Peduli Sosial, dan Peduli Lingkungan Terhadap Kedisiplinan (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi Perkantoran Politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.379

Downloads

Abstract Views : 1240
Downloads Count: 790

Published

2022-09-18

How to Cite

Anastasya, I. G. A. M. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 992–1002. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3084

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.