Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2791Abstract
Dampak setelah adanya Pandemi Covid-19 memberikan perubahan bidang pendidikan terlebih pada penguatan nilai pendidikan karakter. Penanaman nilai pendidikan karakter tidak hanya terbatas pada peran sekolah, namun perlu keterlibatan peran orang tua sebagai pendidik pertama dan utama dalam sebuah keluarga. Orang tua menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam menanamkan nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Peran Orang tua menjadi penting dalam penanaman nilai karakter di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua dalam memberikan penanaman nilai pendidikan karakter di sekolah dasar dan mendiskripsikan peran orangtua pada pasca pandemi covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode Miles dan Huberman dengan teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan menarik kesimpulan. Jumlah responden dalam penelitian ini melibatkan peserta didik, dan orangtuanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) orang tua terlibat dalam memberikan penanaman nilai karakter siswa dengan menjadi role model, membiasakan hal baik, melakukan komunikasi dengan anak, dan memberikan punishment, 2) terdapat hubungan keterlibatan peran orangtua dalam penanaman nilai karakter siswa di sekolah dengan memberikan dampak koefisien determinasi presentase 31 %, hal ini menunjukkan peran orangtua memberikan kontribusi dalam keterlibatan menanamkan nilai pendidikan karakter di sekolah pasca pandemi.
Kata Kunci: Peranan Orangtua; Nilai Pendidikan Karakter; Sekolah Dasar
Keywords:
Peranan Orang tua, Nilai Pendidikan Karakter, Sekolah DasarDownloads
References
Amran M, Erma S. S. & Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (15th ed.). Rineka Cipta.
Aruan, Y., Tampubolon, M., & Sihotang, H. (2021). Peran Orang Tua Dan Peran Guru Terhadap Pendidikan Karakter. IKRA-ITH Humaniora, 5(84), 214–225.
Daryanto & Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter. Gava Media.
Dasopang, M. A., & Montessori, M. (2018). Pengaruh Lingkungan dan Kebiasaan Orangtua Terhadap Perilaku dan Sikap Moral Anak. Journal of Civic Education, 1(2), 2622–237.
Diana, R. R., Chirzin, M., Bashori, K., Suud, F. M., & Khairunnisa, N. Z. (2021). Parental engagement on children character education: The influences of positive parenting and agreeableness mediated by religiosity. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 428–444. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39477
Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. 4(2), 247–256.
La Ndibo, Y. (2021). Peranan Orangtua dalam Membina Kedisiplinan Anak. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 75–84. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.17
Lestaria Simvony, Y., Budi S, A., & Nugroho, W. (2021). The Role of Parents in Blended Learning Towards Student Character Values in The Covid-19 Pandemic. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(2), 134–143. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i2.249
Maraimbang, M., Faza, A. M. D., & Daulay, R. Y. (2020). Peran Orang Tua Dalam Penanaman Nilai Aqidah Pada Anak Di Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 2(1). https://doi.org/10.51900/alhikmah.v2i1.7612
Nugroho, W. (2021). Problematika Pemenuhan Hak Belajar Anak Di Era Pandemi Dari Sudut Pandang Guru, Siswa Dan Orangtua. In A. Wijayanto (Ed.), Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar (pp. 199–206). https://files.osf.io/v1/resources/yshk6/providers/osfstorage/608a766c6801ab00352abcfa?action=download&direct&version=1
Nurmasita, N., & Rofiah, N. H. (2018). Peran Orangtua Dalam Penanaman Tanggungjawab Pada Siswa Sd Muhammadiyah Ambarketawang 2 Gamping. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 74. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.72
Rahmi, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2021). Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5136–5142. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1640
Wahyudin, & Arifin, Z. (2022). Peran Orang tua terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Desa Polassi Kabupaten Selayar. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 2(1), 120–127.
Widianto, E. (2015). Peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39.
Widyastuti, S., Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 70–76. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1446
Wong, R. S. M., Ho, F. K. W., Wong, W. H. S., Tung, K. T. S., Chow, C. B., Rao, N., Chan, K. L., & Ip, P. (2018). Parental Involvement in Primary School Education: its Relationship with Children’s Academic Performance and Psychosocial Competence through Engaging Children with School. Journal of Child and Family Studies, 27(5), 1544–1555. https://doi.org/10.1007/s10826-017-1011-2
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wahyu Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work