Peranan Tata Usaha Dalam Pembinaan Karakter Siswa di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1575Abstract
Kemerosotan karakter merupakan permasalahan yang dewasa ini sedang terjadi di sekolah. Permasalahan tersebut kalau dibiarkan akan berdampak kurang baik untuk perkembangan siswa di masa yang akan datang. Pembinaan karakter tidak hanya tanggung jawab kepala sekolah atau guru namun pada pelaksanaanya melibatkan semua unsur termasuk pegawai tata usaha. Kondisi tersebut harus diwujudkan demi terlaksananya pembinaan karakter siswa di sekolah. Berkenaan dengan hal itu maka tujuan penelitian ini peranan tata usaha dalam pembinaan karakter siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan untuk menghadirkan beragam pemikiran dari para ahli peneliti menggunakan metode deskriptif sementara untuk mengumpulkan beberapa reperensi yang ada hubungannya dengan obyek penelitian menggunakan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pegawai tata usaha berperan penting dalam pembinaan karakter di sekolah.
Keywords:
Tata Usaha, Karakter SiswaDownloads
References
Agboola A., Tsai K.C .(2013) Bring Character Education into Classroom University of the Incarnate Word. San Antonio, TX, 78209, USA
Ansori, YZ .(2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru Di Sekolah Dasar Jurnal Elementaria Edukasia Volume 3 No 1 Tahun 2020
Ansori, YZ. (2019). Mewujudkan Kultur Sekolah Berkarakter Melalui Kepemimpinan Berbasis Nilai, Volume 2 No 1 Tahun 2019 Jurnal Elementaria Edukasia
Bloom, B.S., (1979). Taxonomy Of Educational Objectives Book 1: Cognitive Domain. London: Longman Group LTD
Djahiri, A, K. (1992)). Menelusuri Dunia Afektif-Nilai Moral dan Pendidikan Nilai Moral:Laboratorium Pengajaran PMP IKIP Bandung
Fathurrohman. P , Suryana. AA, dan Fatriany. F,(2015) . Pengembangan Pendidikan Karakter. Refika Aditama: Bandung
Hakam, K.A .(2013). Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI: Bandung
Hakam, K.A .(2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai. Maulana Media Grafika: Bandung
Kemdiknas. (2010). Kerangka acuan pendidik- an karakter tahun anggaran 2010. Jakarta: Kemdiknas.
Kemdiknas. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kemdiknas. (2011). Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter (berdasarkan pengalaman di satuan pendidikan rintisan). Jakarta: Kementerian Pendi- dikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Koesoema, D. (2012). Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Komaruddin Hidayat. (2010). Kultur Sekolah. http://www.uinjkt.ac.id/index.php/catego ry-table/1456-membangun-kultursekolah-html.
Lickona, T. (2001). What is good character? [Versi Elektronik]. Reclaiming Chidren and Youth, 5, 239-251.
Lickona, T. (2004). Character matters: how to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Touchstone.
Mulyasa, E. (2012) Manajemen Pendidikan Karakter. Rosdakarya: Bandung
Mulyana. R. (2013) Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Rosdakarya: Bandung
Nurihsan, A.J .(2016) Membangun Peradaban Melalui Pendidikan dan Bimbingan. Refika Aditama: Bandung
Nurihsan , A. J. and Agustin, M. . (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Refika Aditama
Phenix. P. H. (1964) Realms Of Meaning. McGraw-Hill Book Company New York
Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan (edisi 2). (Terjemahan Tri Wibowo B.S). USA: Mc Graw – Hill Company, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2004).
Sanusi, A. (2014). Pembaharuan Strategi Pendidikan, Nuansa Cendekia, Bandung
Sugiyono .(2014). Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta: Bandung
Sukmadinata. N. S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya: Bandung
Surya, Priadi .(2012) Peran Penting Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Penguatan Budaya Sekolah Untuk Implementasi Pendidikan Karakter: Universitas Negeri Yogyakarta
Suryadi, Ace .(2014) Pendidikan Menghadapi tahun 2025, Rosadakarya: Bandung
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yoyo Zakaria Ansori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work