Peranan Tata Usaha Dalam Pembinaan Karakter Siswa di Sekolah

Authors

  • Yoyo Zakaria Ansori Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1575

Abstract

Kemerosotan karakter  merupakan permasalahan yang dewasa ini  sedang terjadi di sekolah. Permasalahan tersebut kalau dibiarkan akan berdampak kurang baik untuk perkembangan siswa di masa yang akan datang. Pembinaan karakter tidak hanya tanggung jawab kepala sekolah atau guru namun pada pelaksanaanya melibatkan semua unsur termasuk pegawai tata usaha. Kondisi tersebut harus diwujudkan demi terlaksananya pembinaan karakter siswa di sekolah.  Berkenaan dengan hal itu maka tujuan penelitian ini peranan tata usaha dalam pembinaan karakter siswa.  Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan untuk menghadirkan beragam pemikiran dari para ahli peneliti menggunakan metode deskriptif sementara untuk mengumpulkan beberapa reperensi yang ada hubungannya dengan obyek penelitian menggunakan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pegawai tata usaha berperan penting dalam pembinaan karakter di sekolah.

Keywords:

Tata Usaha, Karakter Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agboola A., Tsai K.C .(2013) Bring Character Education into Classroom University of the Incarnate Word. San Antonio, TX, 78209, USA

Ansori, YZ .(2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru Di Sekolah Dasar Jurnal Elementaria Edukasia Volume 3 No 1 Tahun 2020

Ansori, YZ. (2019). Mewujudkan Kultur Sekolah Berkarakter Melalui Kepemimpinan Berbasis Nilai, Volume 2 No 1 Tahun 2019 Jurnal Elementaria Edukasia

Bloom, B.S., (1979). Taxonomy Of Educational Objectives Book 1: Cognitive Domain. London: Longman Group LTD

Djahiri, A, K. (1992)). Menelusuri Dunia Afektif-Nilai Moral dan Pendidikan Nilai Moral:Laboratorium Pengajaran PMP IKIP Bandung

Fathurrohman. P , Suryana. AA, dan Fatriany. F,(2015) . Pengembangan Pendidikan Karakter. Refika Aditama: Bandung

Hakam, K.A .(2013). Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI: Bandung

Hakam, K.A .(2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai. Maulana Media Grafika: Bandung

Kemdiknas. (2010). Kerangka acuan pendidik- an karakter tahun anggaran 2010. Jakarta: Kemdiknas.

Kemdiknas. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kemdiknas. (2011). Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter (berdasarkan pengalaman di satuan pendidikan rintisan). Jakarta: Kementerian Pendi- dikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koesoema, D. (2012). Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Komaruddin Hidayat. (2010). Kultur Sekolah. http://www.uinjkt.ac.id/index.php/catego ry-table/1456-membangun-kultursekolah-html.

Lickona, T. (2001). What is good character? [Versi Elektronik]. Reclaiming Chidren and Youth, 5, 239-251.

Lickona, T. (2004). Character matters: how to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Touchstone.

Mulyasa, E. (2012) Manajemen Pendidikan Karakter. Rosdakarya: Bandung

Mulyana. R. (2013) Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Rosdakarya: Bandung

Nurihsan, A.J .(2016) Membangun Peradaban Melalui Pendidikan dan Bimbingan. Refika Aditama: Bandung

Nurihsan , A. J. and Agustin, M. . (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Refika Aditama

Phenix. P. H. (1964) Realms Of Meaning. McGraw-Hill Book Company New York

Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan (edisi 2). (Terjemahan Tri Wibowo B.S). USA: Mc Graw – Hill Company, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2004).

Sanusi, A. (2014). Pembaharuan Strategi Pendidikan, Nuansa Cendekia, Bandung

Sugiyono .(2014). Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta: Bandung

Sukmadinata. N. S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya: Bandung

Surya, Priadi .(2012) Peran Penting Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Penguatan Budaya Sekolah Untuk Implementasi Pendidikan Karakter: Universitas Negeri Yogyakarta

Suryadi, Ace .(2014) Pendidikan Menghadapi tahun 2025, Rosadakarya: Bandung

Downloads

Abstract Views : 248
Downloads Count: 371

Published

2021-12-28

How to Cite

Ansori, Y. Z. (2021). Peranan Tata Usaha Dalam Pembinaan Karakter Siswa di Sekolah . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2013–2018. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1575

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.