Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.672Abstract
Kejujuran adalah salah satu bentuk nilai yang harus diajarkan di sekolah. Menumbuhkan karakter jujur dewasa ini bukanlah perkara yang mudah. Ini terjadi bukan karena nilai-nilai tersebut telah hilang namun lingkungan sosial dan kultur masyarakat kita yang telah terkena kanker ketidakjujuran yang telah menghancurkan banyak sendi dalam kehidupan bermasyarakat. Berkenaan dengan hal itu maka tujuan dari penelitian ini adalah menumbuhkan kejujuran siswa sekolah dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sementara untuk mengumpulkan data menggunakan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan siswa.. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa sekolah berperan penting dalam menumbuhkan karakter jujur pada siswa.
Keywords:
Karakter Jujur, Sekolah DasarDownloads
References
Ansori, Y. Z. (2019). Mewujudkan Kultur Sekolah Berkarakter Melalui Kepemimpinan Berbasis Nilai. Jurnal Elementaria Edukasia, Volume 2 No 1 Tahun 2019
Ansori, Y. Z. (2020). Penguatan karakter disiplin siswa melalui peranan guru di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 126-135.
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Jurnal Educatio FKIP UNMA Volume 6, No. 1, June 2020, pp. 177-186
Bloom, B. S. (1974). Taxonomy of Educational Objectives. David McKay Company.
Hakam, K. A. (2016a). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI Press.
Imansyah, (2020), strategi implementasi pembentukan sikap dan karakter dilakukan dengan cara pembiasaan.
Kemdiknas. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Jakarta: Kemdiknas.
Kesuma, Darma., dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung.Rosda Karya
Komalasari, K. (2012). The effect of contextual learning in civic education on students' character development. The Asia Pacific Journal of Educators and Education (Formerly Known as Journal of Educators and Education), 27(1), 1-17.
Lee. (2014). Can Classic Moral Stories Promote Honesty in Children?. Psycological Science, 25(8), 1630-1636
Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.
Nunung Dian Pertiwi (2021) Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021 : 324-335
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Posner, B. Z., Kouzes, J. M., & Dixit, V. (2011). The leadership challenge. J Educ Voc Res, 1(1), 1-3.
Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06
Rochmawati, Nikmah. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1-12.
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192
Samani, Hariyanto, M. S. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono .(2014). Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta: Bandung
Sukmadinata. N. S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya: Bandung
Zubaidi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media Group.
Zulkhairi,Teuku (2011) Membumikan Karakter Jujur Dalam Pendidikan Di Aceh. Jurnal ilmiah Islam Futura Volume XI, No. 1, Agustus 2011
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yoyo Zakaria Ansori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work