Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Yoyo Zakaria Ansori Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.672

Abstract

Kejujuran adalah salah satu bentuk nilai yang harus diajarkan di sekolah. Menumbuhkan karakter jujur dewasa ini bukanlah perkara yang mudah. Ini terjadi bukan karena nilai-nilai tersebut telah hilang namun lingkungan sosial dan kultur masyarakat kita yang telah terkena kanker ketidakjujuran yang telah menghancurkan banyak sendi dalam kehidupan bermasyarakat.   Berkenaan dengan hal itu maka tujuan dari penelitian ini adalah menumbuhkan kejujuran siswa sekolah dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sementara untuk mengumpulkan data menggunakan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan siswa.. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa sekolah berperan penting dalam menumbuhkan karakter jujur pada siswa. 

Keywords:

Karakter Jujur, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, Y. Z. (2019). Mewujudkan Kultur Sekolah Berkarakter Melalui Kepemimpinan Berbasis Nilai. Jurnal Elementaria Edukasia, Volume 2 No 1 Tahun 2019

Ansori, Y. Z. (2020). Penguatan karakter disiplin siswa melalui peranan guru di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 126-135.

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Jurnal Educatio FKIP UNMA Volume 6, No. 1, June 2020, pp. 177-186

Bloom, B. S. (1974). Taxonomy of Educational Objectives. David McKay Company.

Hakam, K. A. (2016a). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI Press.

Imansyah, (2020), strategi implementasi pembentukan sikap dan karakter dilakukan dengan cara pembiasaan.

Kemdiknas. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Jakarta: Kemdiknas.

Kesuma, Darma., dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung.Rosda Karya

Komalasari, K. (2012). The effect of contextual learning in civic education on students' character development. The Asia Pacific Journal of Educators and Education (Formerly Known as Journal of Educators and Education), 27(1), 1-17.

Lee. (2014). Can Classic Moral Stories Promote Honesty in Children?. Psycological Science, 25(8), 1630-1636

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

Nunung Dian Pertiwi (2021) Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021 : 324-335

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Posner, B. Z., Kouzes, J. M., & Dixit, V. (2011). The leadership challenge. J Educ Voc Res, 1(1), 1-3.

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06

Rochmawati, Nikmah. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1-12.

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Samani, Hariyanto, M. S. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono .(2014). Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta: Bandung

Sukmadinata. N. S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya: Bandung

Zubaidi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media Group.

Zulkhairi,Teuku (2011) Membumikan Karakter Jujur Dalam Pendidikan Di Aceh. Jurnal ilmiah Islam Futura Volume XI, No. 1, Agustus 2011

Downloads

Abstract Views : 498
Downloads Count: 1114

Published

2020-12-30

How to Cite

Ansori, Y. Z. (2020). Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 740–746. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.672

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.