Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2998Abstract
Keterampilan menulis merupakan keterampilan untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan pikiran siswa dalam bentuk tulisan. Minat dan motivasi siswa dalam menulis di SD masih rendah. Siswa merasa kesulitan dalam mengembangkan sebuah kosakata menjadi suatu karangan. Agar menarik perhatian siswa dalam pembelajaran menulis, guru harus menggunakan media pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media gambar pada siswa kelas III di SDN Batu Ampar 06 Pagi Jakarta Timur. Metode yang digunakan pada studi ini ialah metode kualitatif deskriptif. Instrumen utama dalam studi ini ialah peneliti sendiri dengan berbantu instrument penilaian, hasil karangan narasi siswa, dan protokol wawancara. Subyek penelitiannya ialah Guru kelas III C dan Siswa kelas III C yang berjumlah 23 siswa. Hasil studi menunjukkan bahwa dari keterampilan menulis karangan narasi ditemukan 4 siswa menepati kategori sangat baik, 9 siswa menepati kategori baik, 4 siswa menepati kategori cukup, 5 siswa kategori kurang dan 1 siswa kategori sangat kurang. Untuk menjaga keterampilan menulis karangan narasi siswa, dan mengembangkan keterampilan siswa, maka guru harus mempunyai persiapan yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di kelas. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan media gambar secara keseluruhan cukup baik.
Keywords:
keterampilan menulis, Teks Narasi, Media GambarDownloads
References
Aquariza, N. R. (2018). Promoting Students’ Creativity in Writing Through Story Bird Guided Writing. The 1st International Conference on Technopreneurship and Education, 186–188.
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723
Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 11. https://osf.io/preprints/inarxiv/pq324/
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Ekasari, A. D., Nuryatin, A., & Suwito, W. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3 No.1, 9.
Hidayat, A. (2021). Menulis Narasi Kreatif dengan Model Project Based Learning dan Musik Intrumental.
Komaladewi, A., & Rodiyana, R. (2020). Menulis Karangan Narasi Dengan Model Know, Want, Learned di Sekolah Dasar. 331–339.
Moses, R. N., & Mohamad, M. (2019). Challenges Faced by Students and Teachers on Writing Skills in ESL Contexts: A Literature Review. Creative Education, 10(13), 3385–3391. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1013260
Munawaroh, F. H., Janah, U. I. W., Suparno, A. D., & Niswa, B. (2021). Model dan Media Bahasa Indonesia SD (L. Ariyanti, Ed.). Scopindo Media Pustaka.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurgiyanto, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta
Siddik, M. (2018). Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Berseri Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 39–48. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p039
Syahruddin, D. (2016). Peranan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis. Jurnal Pendidikan Dasar, vol 2 no 1, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2746
Umanahu, M., Taufik, N., & A Susanti, P. (2021). Penerapan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Karangan Narasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.5672107
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/245
Windarto, H. K. (2020). Kajian Keterampilan Menulis Menggunakan Media Jurnal Bergambar Di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 303–311. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.775
Zulaeha, I. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Berkonteks Multikultural. Litera, 12(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v12i01.1331
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rindu Azzahra Rahma Nazir, Wini Tarmini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work