Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Rindu Azzahra Rahma Nazir Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Wini Tarmini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2998

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan pikiran siswa dalam bentuk tulisan. Minat dan motivasi siswa dalam menulis di SD masih rendah. Siswa merasa kesulitan dalam mengembangkan sebuah kosakata menjadi suatu karangan. Agar menarik perhatian siswa dalam pembelajaran menulis, guru harus menggunakan media pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media gambar pada siswa kelas III di SDN Batu Ampar 06 Pagi Jakarta Timur. Metode yang digunakan pada studi ini ialah metode kualitatif deskriptif. Instrumen utama dalam studi ini ialah peneliti sendiri dengan berbantu instrument penilaian, hasil karangan narasi siswa, dan protokol wawancara. Subyek penelitiannya ialah Guru kelas III C dan Siswa kelas III C yang berjumlah 23 siswa. Hasil studi menunjukkan bahwa dari keterampilan menulis karangan narasi ditemukan 4 siswa menepati kategori sangat baik, 9 siswa menepati kategori baik, 4 siswa menepati kategori cukup, 5 siswa kategori kurang dan 1 siswa kategori sangat kurang. Untuk menjaga keterampilan menulis karangan narasi siswa, dan mengembangkan keterampilan siswa, maka guru harus mempunyai persiapan yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di kelas. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan media gambar secara keseluruhan cukup baik.

Keywords:

keterampilan menulis, Teks Narasi, Media Gambar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aquariza, N. R. (2018). Promoting Students’ Creativity in Writing Through Story Bird Guided Writing. The 1st International Conference on Technopreneurship and Education, 186–188.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723

Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 11. https://osf.io/preprints/inarxiv/pq324/

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Ekasari, A. D., Nuryatin, A., & Suwito, W. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3 No.1, 9.

Hidayat, A. (2021). Menulis Narasi Kreatif dengan Model Project Based Learning dan Musik Intrumental.

Komaladewi, A., & Rodiyana, R. (2020). Menulis Karangan Narasi Dengan Model Know, Want, Learned di Sekolah Dasar. 331–339.

Moses, R. N., & Mohamad, M. (2019). Challenges Faced by Students and Teachers on Writing Skills in ESL Contexts: A Literature Review. Creative Education, 10(13), 3385–3391. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1013260

Munawaroh, F. H., Janah, U. I. W., Suparno, A. D., & Niswa, B. (2021). Model dan Media Bahasa Indonesia SD (L. Ariyanti, Ed.). Scopindo Media Pustaka.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurgiyanto, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta

Siddik, M. (2018). Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Berseri Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 39–48. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p039

Syahruddin, D. (2016). Peranan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis. Jurnal Pendidikan Dasar, vol 2 no 1, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2746

Umanahu, M., Taufik, N., & A Susanti, P. (2021). Penerapan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Karangan Narasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.5672107

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/245

Windarto, H. K. (2020). Kajian Keterampilan Menulis Menggunakan Media Jurnal Bergambar Di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 303–311. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.775

Zulaeha, I. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Berkonteks Multikultural. Litera, 12(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v12i01.1331

Downloads

Abstract Views : 1536
Downloads Count: 1184

Published

2022-09-11

How to Cite

Nazir, R. A. R., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 966–972. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2998

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.