Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5203Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar. Pada penelitian ini terdiri atas 2 jenis karangan narasi, yaitu karangan narasi ekspositoris dan karangan narasi sugestif. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif, pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Kota Malang sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen kemampuan menulis karangan narasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman, yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Kota Malang dari pedoman penilaian menulis karangan narasi yang terdiri dari 6 aspek, yaitu alur, tokoh, latar, isi, gaya (pilihan dan struktur kosakata), dan ejaan dan tanda baca. Kategori hasil menulis karangan narasi ekspositoris siswa menunjukkan kriteria baik berjumlah 15 siswa, kriteria cukup berjumlah 4 siswa, dan kriteria kurang 1 siswa. Kategori hasil menulis karangan narasi sugestif siswa menunjukkan kriteria sangat baik berjumlah 2 siswa, kriteria baik berjumlah 9 siswa, kriteria cukup berjumlah 3 siswa, dan kriteria kurang berjumlah 6 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini sebagian besar siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Kota Malang memiliki kemampuan menulis karangan narasi baik.
Keywords:
Kemampuan menulis, karangan narasi, siswa sekolah dasarDownloads
References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi (Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 Dalam Konteks Keindonesiaan. PT. Refika Aditama.
Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-36.
Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1990). Looking at the bright side: A positive approach to qualitative policy and evaluation research. Qualitative sociology, 13(2), 183-92.
Brown, D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Edisi Kelima. USA: Pearson Education.
Damayanti, R. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal widyaloka ikip widya darma, 5(3).
Darmadi. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Karya.
Dhieni, N., dkk. (n.d.). 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gipayana, M. (2010). Pengajaran Literasi. Malang: Asih Asah Asuh.
Hidayat, D. F. (2022). Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 356-371.
Khotimah, H., & Suryandari, K. C. (2016). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Panjer. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Lu'luah, W., & Wardana, D. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Antologi Cerpen Balon Keinginan Sebagai Bahan Ajar Menulis Karangan Narasi.
Pranoto. (2018). Creative Writing: 72 Jurus Seni Mengarang. Jakarta: PT. Primadia Pustaka.
Rahayu, A. P. (2015). Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Paradigma, 2(1), 15–20.
Rahman, A. & Waluyo. (2000). Pendidikan Anak Bermasalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zainurrahman. (2018). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riszky Rahmayanti, Kusubakti Andajani, Ade Eka Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work