Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Authors

  • Riszky Rahmayanti Universitas Negeri Malang
  • Kusubakti Andajani Universitas Negeri Malang
  • Ade Eka Anggraini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar. Pada penelitian ini terdiri atas 2 jenis karangan narasi, yaitu karangan narasi ekspositoris dan karangan narasi sugestif. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif, pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Kota Malang sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen kemampuan menulis karangan narasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman, yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Kota Malang dari pedoman penilaian menulis karangan narasi yang terdiri dari 6 aspek, yaitu alur, tokoh, latar, isi, gaya (pilihan dan struktur kosakata), dan ejaan dan tanda baca. Kategori hasil menulis karangan narasi ekspositoris siswa menunjukkan kriteria baik berjumlah 15 siswa, kriteria cukup berjumlah 4 siswa, dan kriteria kurang 1 siswa. Kategori hasil menulis karangan narasi sugestif siswa menunjukkan kriteria sangat baik berjumlah 2 siswa, kriteria baik berjumlah 9 siswa, kriteria cukup berjumlah 3 siswa, dan kriteria kurang berjumlah 6 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini sebagian besar siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Kota Malang memiliki kemampuan menulis karangan narasi baik.

Keywords:

Kemampuan menulis, karangan narasi, siswa sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi (Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 Dalam Konteks Keindonesiaan. PT. Refika Aditama.

Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-36.

Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1990). Looking at the bright side: A positive approach to qualitative policy and evaluation research. Qualitative sociology, 13(2), 183-92.

Brown, D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Edisi Kelima. USA: Pearson Education.

Damayanti, R. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal widyaloka ikip widya darma, 5(3).

Darmadi. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Karya.

Dhieni, N., dkk. (n.d.). 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gipayana, M. (2010). Pengajaran Literasi. Malang: Asih Asah Asuh.

Hidayat, D. F. (2022). Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 356-371.

Khotimah, H., & Suryandari, K. C. (2016). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Panjer. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Lu'luah, W., & Wardana, D. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Antologi Cerpen Balon Keinginan Sebagai Bahan Ajar Menulis Karangan Narasi.

Pranoto. (2018). Creative Writing: 72 Jurus Seni Mengarang. Jakarta: PT. Primadia Pustaka.

Rahayu, A. P. (2015). Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Paradigma, 2(1), 15–20.

Rahman, A. & Waluyo. (2000). Pendidikan Anak Bermasalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zainurrahman. (2018). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Abstract Views : 2203
Downloads Count: 1817

Published

2023-10-01

How to Cite

Rahmayanti, R., Andajani, K., & Anggraini, A. E. (2023). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5203

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.