Manajemen Efektivitas Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama dan Karakter Siswa di MA Plus Al Bukhori Brebes
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.695Abstract
Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu upaya mewariskan nilai, yang akan menjadi penolong dan penentu umat manusia dalam menjalani kehidupannya, sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. Artinya, kualitas sumber daya manusia sangat tergantung dari kualitas pendidikannya. Peran sistem pendidikan sangat bengaruh besar tehadap hasil output pendidikan itu sendiri, bahan materi ajar, profesionalisme pendidik, lingkungan pendidikan juga memberi dampak terhadap proses pendidikan yang terjadi didalamnya. Oleh karena itu, peran pendidikan Agama khususnya, sangatlah tepat dalam mewujudkan pendidikan berkarakter dan salah satu bahan ajar dalam pendidikan Agama ialah menggunakan pembelajaran kitab kuning, yang diharapkan bisa memberi dampak positif pada tiga aspek meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini berisi penelitian lapangan tentang studi kasus efektivitas pembelajaran kitab kuning dalam menigkatkan pemahaman Agama dan karakter siswa di Madrasah Aliyah Plus Al Bukhori. Melalui media pembelajaran kitab kuning, siswa diantarkan pada moral-moral Agama dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) perencanaan efektivitas pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman Agama dan karakter siswa di MA Plus Al Bukhori Tanjung Brebes; (b) pelaksanaan efektivitas pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman Agama dan karakter siswa; (c) evaluasi efektivitas pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman Agama dan karakter siswa; (d) efektivitas pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman Agama dan karakter siswa;. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kitab kuning dianggap efektif dalam meningkatkan pemahaman Agama dan karakter siswa MA Plus Al Bukhori. Keberhasilan yang dicita-citakan oleh MA Plus Al Bukhori ini ialah berhasil dari sisi pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotorik).
Keywords:
Manajemen Pembelajaran, Kitab Kuning, Efektivitas PembelajaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work