Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SMP Negeri 1 Cigasong
Abstrak
SMP Negeri 1 Cigasong Majalengka telah melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di semua jenjang kelas, mulai dari kelas rendah hingga tinggi, untuk meningkatkan minat baca siswa. Literasi dikembangkan melalui kegiatan di kelas dan perpustakaan, termasuk pojok baca (library corner) dan lingkungan sekolah yang mendukung budaya literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi GLS pada tiga tahap: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan model interaktif (pengumpulan data, kondensasi, penyajian, dan penarikan/verifikasi kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pembiasaan, kegiatan membaca 15 menit (baik nyaring maupun dalam hati) dilakukan setiap hari. Buku yang dibaca dicatat dalam jurnal harian, dan seluruh warga sekolah terlibat aktif dalam kegiatan ini.
Kata Kunci:
Gerakan Literasi Sekolah, minat baca, pembiasaan literasi, penelitian kualitatif, SMP Negeri 1 CigasongUnduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rieneka Cipta
Christie, France, dkk. 1998. Literacy And Schooling: Learning the literacies of primary and secondary schooling. London: Routledge
Dadang Sunendar. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Dadang Sunendar. 2016. Gerakan Nasional Literasi Bangsa. (Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers
David Wray, Jane Medwell, et al. 2002. Teaching Literacy Effectively in the Primary School. London, New Fetter Lane
Faizah, Dewi Utama, dkk. 2016. Panduan Gerakan literasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Farida, Rahim. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Bumi Aksara
H.G Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Sesuatu ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Ibadullah, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi berbasis lokal. Magetan: AE Media Grafika
Indah Wijayanti. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Gaung Persada Press
Iskandarwassid, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kate Pahl and Jennifer Rowsel. 2005. Literacy and Education. London: SAGE M.F Patel and Praveen M. Jain. 2008. English Language Teaching. Jaipur: Sunrise Publishers & Distributors
Muhamad Mufid. 2017. Kebijakan Kepala Sekolah Tentang Program Literasi Berbasis Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya dalam Upaya Meningkatkan Religiusitas yang Mengarah pada Tingkat Pemahaman Keagamaan Peserta Didik pada SMK Bhakti Nusantara Salatiga. Salatiga: IAIN Salatiga
Muhammad Fathurrohman, dkk. 2012. Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras
Pangesti Wiedarti, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
R. Masri Sareb Putra. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta : PT Indeks
Sadirman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Setiarini. 2016. The Use of Literacy-Intructional Category To Improve Students‟ Reading Comprehension”. Jurnal Vision. Volume 5 Number 1
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktek. (Jakarta: PT Rieneka Cipta,2006), 246-253
Sulhan Najib. 2016. Guru Yang Berhati Guru. Jakarta: Zikrul Hakim
Suparno,dkk. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Taylor, Joie. 2006. Information Literacy and the School Library Media Center. London: Libraries Unlimited
Trisiana, Azizah Ajeng. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) (Studi Pada SMAN 2). Malang: Universitas Brawijaya
Dokumen :
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 3 tentang Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Yogyakarta: Bening
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. 2010. Yogyakarta: Bening
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. 2007. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan. 2009. Yogyakarta: Pustaka Yustisia, 2009.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). 2007. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2007 tentang Pedoman bagi Kepala Daerah dalam Pelestarian dan Pengembangan Bahasa Negara dan Bahasa Daerah; Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Ibtidaiyah(SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA);
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang - Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan;
Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Periode 2019-2024
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta: Japri menggunakan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Dengan lisensi ini, penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka, sementara pembaca diizinkan untuk menyalin, mendistribusikan, dan memodifikasi artikel, selama atribusi yang sesuai diberikan kepada penulis asli dan karya turunan dilisensikan dengan cara yang sama.