Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4010Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mampu memperbaiki proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar dan respon siswa dalam pendidikan bahasa inggris. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one sample pretes and postest desain. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMPN 1 Palasah Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Kelas yang diambil adalah kelas VII-A tahun pelajaran 2021/2022. Materi yang diambil adalah Greeting And Taking Leave. Pengolahan data dilakukan dengan cara melaksanakan tes yang diberikan untuk mengukur pemahaman siswa dan respon siswa. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan analisis data secara kuantitatif, untuk uji hipotesis digunakan uji parametrik yaitu uji paired sample t test. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa inggris. Respon siswa positif baik terhadap respon media pembelajaran dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
Keywords:
media pembelajaran, media video, hasil belajar, respon siswaDownloads
References
Agus Supandi, Sara Sahrazad, Arief Nugroho Wibowo, & Sigit Widiyarto. (2019). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Prosiding SAMASTA), 1–6.
Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2017). Penerapan Media Simulasi Matlab Berbasis Interactive Conceptual Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.968
Bafadal, I., Nurabadi, A., Soepriyanto, Y., & Gunawan, I. (2020). Primary School Principal Performance Measurement. 487(Ecpe), 19–23. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.004
Bustanil, S. M., & Ardianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2), 72–73.
Hidayat, S. (2020). Upaya Penigkatan Penguasan Teknologi Guru Smk Negeri Darang Dan Melalui Supervisi Akademik Multi Media. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(8), 12–26.
Karim, M. T., Supriawan, D., & Sukrawan, Y. (2016). Penggunaan Multimedia Berbasis Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kompetensi Kejuruan Teknik Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 214. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4553
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Komalasari, K. (2012). The effect of contextual learning in civic education on students’ character development. The Asia Pacific Journal of Educators and Education (Formerly Known as Journal of Educators and Education), 27(1), 1–17.
Lindenbauer, E., & Lavicza, Z. (2021). From research to practice: Diagnosing and enhancing students’ conceptions in a formative assessment tool utilizing digital worksheets in functional thinking. International Journal of Technology in Mathematics Education, 28(3), 133–141. https://doi.org/10.1564/tme
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Putri, R. ., & R, O. (2020). Evaluation the Efectiveness Online Class on Fudamental Biophysics Class During COVID 19 Quarantine. Semesta, 3(1), 65–70.
Sari, W. M., Riswanto, R., & Partono, P. (2019). Validitas Mobile Pocket Book Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Suhu Dan Kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 35–42. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5728
Shaumi, A. N. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 246.
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS PEDAGOGI, 1(1), 1–7.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Wirasasmita, R., Hendriawan, E., Pengantar, K., Mabunga, M., & Yani, A. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Zakkia, A., Isnarto, & Asih, T. S. N. (2020). Students ’ Mathematical Literacy Based on Self-Esteem By Brain Based Learning With Trigo-Fun E-Module. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(01), 9–14. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer%0AStudents’
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agus Rofi’i, Eka Nurhidayat, Erik Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work