Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Agus Rofi’i Universitas Majalengka
  • Eka Nurhidayat Universitas Majalengka
  • Erik Santoso Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4010

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mampu memperbaiki proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini  adalah untuk melihat pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar dan respon siswa dalam pendidikan bahasa inggris. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one sample pretes and postest desain. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMPN 1 Palasah Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Kelas yang diambil adalah kelas VII-A tahun pelajaran 2021/2022. Materi yang diambil adalah Greeting And Taking Leave. Pengolahan data dilakukan dengan cara melaksanakan tes yang diberikan untuk mengukur pemahaman siswa dan respon siswa. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan analisis data secara kuantitatif, untuk uji hipotesis digunakan uji parametrik yaitu uji paired sample t test. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa inggris. Respon siswa positif baik terhadap respon media pembelajaran dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.

Keywords:

media pembelajaran, media video, hasil belajar, respon siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Supandi, Sara Sahrazad, Arief Nugroho Wibowo, & Sigit Widiyarto. (2019). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Prosiding SAMASTA), 1–6.

Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2017). Penerapan Media Simulasi Matlab Berbasis Interactive Conceptual Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.968

Bafadal, I., Nurabadi, A., Soepriyanto, Y., & Gunawan, I. (2020). Primary School Principal Performance Measurement. 487(Ecpe), 19–23. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.004

Bustanil, S. M., & Ardianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2), 72–73.

Hidayat, S. (2020). Upaya Penigkatan Penguasan Teknologi Guru Smk Negeri Darang Dan Melalui Supervisi Akademik Multi Media. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(8), 12–26.

Karim, M. T., Supriawan, D., & Sukrawan, Y. (2016). Penggunaan Multimedia Berbasis Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kompetensi Kejuruan Teknik Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 214. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4553

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Komalasari, K. (2012). The effect of contextual learning in civic education on students’ character development. The Asia Pacific Journal of Educators and Education (Formerly Known as Journal of Educators and Education), 27(1), 1–17.

Lindenbauer, E., & Lavicza, Z. (2021). From research to practice: Diagnosing and enhancing students’ conceptions in a formative assessment tool utilizing digital worksheets in functional thinking. International Journal of Technology in Mathematics Education, 28(3), 133–141. https://doi.org/10.1564/tme

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Putri, R. ., & R, O. (2020). Evaluation the Efectiveness Online Class on Fudamental Biophysics Class During COVID 19 Quarantine. Semesta, 3(1), 65–70.

Sari, W. M., Riswanto, R., & Partono, P. (2019). Validitas Mobile Pocket Book Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Suhu Dan Kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 35–42. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5728

Shaumi, A. N. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 246.

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS PEDAGOGI, 1(1), 1–7.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Wirasasmita, R., Hendriawan, E., Pengantar, K., Mabunga, M., & Yani, A. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152

Zakkia, A., Isnarto, & Asih, T. S. N. (2020). Students ’ Mathematical Literacy Based on Self-Esteem By Brain Based Learning With Trigo-Fun E-Module. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(01), 9–14. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer%0AStudents’

Downloads

Abstract Views : 1013
Downloads Count: 637

Published

2022-12-29

How to Cite

Rofi’i, A., Nurhidayat, E., & Santoso, E. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1589–1594. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4010

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.