Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang

Authors

  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Asep Supena Universitas Negeri Jakarta
  • Yufiarti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pendidikan inklusi serta aktifitas dukungan sekolah dan guru kepada siswa ABK dalam layanan pendidikan inklusi dan hambatan yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan terhadap sepuluh sekolah dasar negeri di kota serang pada bulan oktober sampai desember 2022. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak berkebutuhan khusus. Metode dalam penelitian menggunakan metode kualitatif melalui teknik analisis dekriptif dengan kajian studi kasus mengunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Berdasarkan penelitian pada proses layanan pendidikan inklusi ditemukan sebanyak 60% guru kesulitan dalam melakukan identifikasi dan asesmen awal, sebanyak 50% guru menyatakan belum dapat merencanakan pembelajaran terdiferensiasi, sebanyak 40% guru belum memahami pelaksanaan pembelajaran inklusif, sebanyak 70% guru belum membuat evaluasi/asesmen yang sesuai, dan sebanyak 30% guru mengalami kesulitan mengatur waktu dalam proses pembelajaran. Ditemukan faktor dominan yang menajadi penghambat dalam implementasi pendidikan inklusi di sekolah dasar adalah tidak tersedianya guru pendamping khusus yang memiliki kompetensi dengan latar belakang pendidikan yang sesuai, minimnya sosialisasi kebijakan layanan sistem pendidikan melalui sekolah inklusi, keterbatasan anggaran layanan pendidikan inklusi di sekolah, tidak tersedianya sarana dan prasarana pendukung sekolah inklusi, koordinasi dan komunikasi yang kurang baik antara pihak dalam mendukung pelaksanaan sekolah inklusi.

Keywords:

Kebijakan, Pendidkan Inklusi, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Kadir. (2015). Penyelenggaraan sekolah inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1–22.

Anggriana, T. M., & Trisnani, R. P. (2016). Kompetensi Guru Pendamping Siswa ABK di Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 157–164.

Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Sumatera Barat. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145–153.

Asiyah, D. (2018). Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 1(1), 69–82.

Barsihanor, B., & Anindia Rosyida, D. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Firdaus Banjarmasin. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 147–166. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v10i2.2712

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147–300.

Dewi, N. K. (2017). Manfaat Program Pendidikan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12–19. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997

Fitria, R. (2012). Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusi di Sekolah Dasar. E-JupeKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1, 90–101. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Ikramullah, A. S. (2020). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36

Indrianto, N., & Rochma, I. N. (2020). Kolaborasi Antar Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Inklusi. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 165–175. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a6.2020

Intifadha, R. N., & Tuasikal, A. R. S. (2017). Survei Proses Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 371–377.

Jazuli, M. K. (2020). Implementasi Kurikulum Pendidikan Inklusi di Sd Negeri Gejayan. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 9(5), 497–506. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/17543

Kurniawan, I. (2015). Implementasi Pendidikan Bagi Siswa Tuna Netra di Sekolah Dasar Inklusi. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, 04, 1044–1060. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/77/0

Lukitasari, S. W., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121–134. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p121-134

Mardani, Sulistia, H. B. (2020). Identifikasi Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Universitas Jambi, 1–9. https://repository.unja.ac.id/13961/

Mardiana, A. K. (2021). Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 1–5. https://www.researchgate.net/profile/Rully_Prahmana/publication/304022469_Peningkatan_Kemampuan_Penalaran_Matematis_Siswa_Menggunakan_Pendekatan_Pendidikan_Matematika_Realistik/links/5763a4e508ae192f513e458e.pdf

Mayya, Sa’ud, U. S., & Meirawan, D. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 108–117. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19853

Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1181–1190. https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2/176

Nabila, N. (2020). Analisis Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Ibtida’iy: Jurnal Prodi PGMI, 5(2), 31–39. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3692

Perda Kota Serang, N. 7. (2011). Tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan.

Pergub Banten, N. 5. (2021). Pedoman Pemberian Insentif Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Khusus yang Diselenggarakan oleh Masyarakat. 1–10.

Pergub Banten, N. P. 74 T. (2014). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Provinsi Banten.

Perwal. (2021). Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Penyandang Disabilitas.

Purnomo, E. (2016). Kebutuhan Guru Sekolah Dasar Inklusi Dalam Meningkatkan Kompetensi Melalui Media Video. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 95–109. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.88

Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152

Rahmatika, N., Ratrianasari, D., & Widodo, H. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Inklusi Sekolah Dasar International Islamic School (Intis) Yogyakarta. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55–61. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.18596

Rahmawati, K., & Fatmawati, L. (2016). Penanaman Karakter Toleransi di Sekolah Dasar Inklusi Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 293–302.

Romadhon, M., & Supena, A. (2021). Penanganan Siswa Learning Disabilities di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1471–1478. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/941

Sari, C. N., & Hendriani, W. (2021). Hambatan Pendidikan Inklusi dan Bagaimana Mengatasinya: Telaah Kritis Sistematis Dari Berbagai Negara. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT), 9(1), 97–116. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.14154

Septianisa, S., & Caninsti, R. (2016). Hubungan Self Efficacy Dengan Burnout Pada Guru di Sekolah Dasar Inklusi. Journal Psikogenesis, 4(1), 126–137. https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.523

Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 169–183. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704

Stiawati, titi; L. A. S. (2017). Implementasi Peraturan Gubernur Banten Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Provinsi Banten (Studi Pada Sekolah Inklusif Di Kota Serang).

Sucipto, S. A. (2017). Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran IPS di Sekolah Yang Menerapkan Pendidikan Inklusi SMP Negeri 2 Sewon. Social Studies, 6(5), 558–572.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sunanto, J. (2016). Indeks Inklusi dalam Pembelajaran di Kelas yang Terdapat ABK di Sekolah Dasar. Riset: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 78–84.

Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145–155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03

Susilowati, T., Trisnamansyah, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 920–928. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.513

Wati, E. (2014). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 368–378. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.508

Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109–120. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p109-120

Wijaya, S. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 33–42. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i2.1305

Wijaya, S. (2022). Implementation of the School Literacy Movement in Fostering Reading Interest in Elementary School Students. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2120

Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1108

Zakia, D. L. (2015). Guru Pembimbing Khusus (GPK): Pilar Pendidikan Inklusi. In Universitas Sebelas Maret Surakarta (Issue 1). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Downloads

Abstract Views : 6002
Downloads Count: 5874

Published

2023-03-27

How to Cite

Wijaya, S., Supena, A., & Yufiarti. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347–357. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.