Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Keberagaman Budaya pada Minat dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10199Abstract
Salah satu indikator keberhasilan pembelajaran adalah dengan penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Media pembelajaran untuk materi keberagaman budaya adalah alat atau sarana yang dirancang untuk memperkenalkan dan memperkuat pemahaman siswa tentang keragaman budaya yang ada di Indonesia. Pada mata pelajaran IPS umumnya guru kurang dalam membuat media pembelajaran khususnya materi keberagaman budaya. Materi keberagaman budaya yang diajarkan saat ini umumnya masih bersifat konvensional, kegiatan pembelajaran diisi hafalan-hafalan, menitik beratkan pada dimensi pengetahuan, dan berpusat pada guru. Hal ini berdampak pada minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mereview artikel-artikel penelitian yang membahas tentang media pembelajaran keberagaman budaya mata pelajaran IPS yang terbit tahun 2019-2024 dengan pencarian melalui Google Scholar. Kemudian dilakukan klasifikasi berdasarkan pengaruh media pembelajaran pada peningkatan minat dan hasil belajar siswa sekolah dasar, jenis media pembelajaran (digital atau non digital), dan batasan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Systematic Literature Review (SLR) dengan tahapan PRISMA (Prefereed Reporting Items For Systematic Reviews and Meta Analyses). Artikel yang direview sesuai dengan topik penelitian dan jurnal terindeks sinta. Hasil penelitian ditemukan sepuluh artikel yang sesuai degan topik penelitian yaitu pengaruh media pembelajaran keberagaman budaya baik digital dan non digital terbukti layak diimplementasikan dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Temuan batasan-batasan pada artikel dapat digunakan sebagai bahan refleksi untuk mengembangkan penelitian selanjutnya. Penggunaan media pembelajaran yang interaktif penting diimplementasikan pada materi keberagaman budaya yang cenderung padat teori hafalan agar tercipta pembelajaran yang student center, menarik dan memudahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Keywords:
media keberagaman budaya, minat dan hasil belajar, Systematic Literature ReviewDownloads
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 35-49.
Afriani, N. R., Maksum, A., & Yuliati, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 935-942.
Ardita, S., & Anas, N. (2022). Media pembelajaran scrapbook untuk meningkatkan hasil belaajr siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 2.
Atmojo, W. T., Dazki, E., & Fitri, F. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. In Seminar Nasional Aptikom (Semnastik) 2019 (pp. 126-134). Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
Aulisia, Y. L., & Gunansyah, G. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Materi Sumber Daya Alam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2549-2558.
Budi, I. S., Kholik, A., & Abidin, Z. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Kelas IV SD/MI. AS-SABIQUN, 1436-1448.
Digdoyo, E. (2019). Rumah Puspo Budaya Nusantara Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Tari Nusantara. Integralistik, 62.
Erwinsyah, A. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 80-94.
Giwangsa, F. S. (2021). Pengembangan media kartu kuartet pada pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1.
Hutami, S. S., Yayuk, E., & Bintari, Y. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD Negeri Gabusbanaran Jombang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1804-1814.
Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2024, November 1). Google Books: Dinamika Emosi Anak Usia Dini. Retrieved from Google Books: https://www.google.co.id/books/edition/Dinamika_Emosi_Anak_Usia_Dini/46B1EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Tahapan%20SLR%20menurut%20Kitchenham&pg=PA439&printsec=frontcover
Musyaffa, I. F., & Isdaryanti, B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Kebudayaan Indonesia (SI BUDI) Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2507-2522.
Nining, Ari, & Nasution. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kampung Nambangan Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Siswa Pada Pembelajaran IPS di SD. Elementary School Education Journal, 22.
Novitasari, N., & Miaz, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Peta Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 929-934.
Nuzulia, N., & Zain, E. K. (2020). Pengembangan Media Roda Putar Pada Mata Pelajaran Ips Berbasis HOTS Keragaman Suku Dan Budaya Kelas 4 Di MI PSM Padangan Kabupaten Tulungagung. Al-Madrasah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 67-79.
Putra, L. D., & Pratama, S. Z. (2023). Pemanfatan Media dan Teknologi Digital dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, 323-329.
Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 49-60.
Septiani, M., & Zain, M. I. (2024). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 208-215.
Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 372-380.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 134-140.
Yusuf, M. A., Saidah, K., & Winda, D. D. (2023). Pengembangan Media Monopoly Pop-Up Pada Materi Keberagaman Budaya Jawa TimurKelas IV SDN Tiron 4. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2126-2135.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Olive Olyssia, Nasution, Ganes Gunansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work