Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPAS

Authors

  • Kinda Makdalena Eliasar Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Suhandi Astuti Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) bertujuan untuk memperluas pengetahuan peserta didik tentang dunia sekitarnya dan memberikan pemahaman yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, implementasi model pembelajaran yang inovatif dan media pembelajaran yang menarik masih belum optimal di beberapa sekolah dasar. Hal ini berdampak pada menurunnya minat belajar siswa dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book pada materi Siklus Air dalam pembelajaran IPAS. Model pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan: analisis peserta didik, penetapan tujuan, pemilihan metode dan media, pemanfaatan media, partisipasi peserta didik, serta evaluasi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book yang dikembangkan telah melewati uji validasi ahli materi, media, dan desain dengan hasil yang memenuhi kriteria baik hingga sangat baik. Uji coba terbatas menunjukkan respons positif dari guru dan siswa dengan presentase yang tinggi, serta hasil statistik menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat belajar siswa setelah menggunakan media ini. Kesimpulannya, media pembelajaran Pop-Up Book efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS, menghasilkan respons positif dari guru dan siswa, serta memperlihatkan peningkatan signifikan dalam minat belajar siswa. Penggunaan media ini memiliki potensi untuk menjadi alat pembelajaran yang efektif di kelas dengan rekomendasi penggunaan lebih luas dan penelitian lanjutan untuk mengukur dampaknya secara menyeluruh pada pencapaian pembelajaran siswa.

Keywords:

IPAS, Media Pembelajaran Pop Up Book, minat belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benardi, A. I. (2018). Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor untuk Siswa Anak Usia Dini dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book di PAUD Dewi Sartika Kecamatan Bergas. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 85–93. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p085.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakuaden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551

Dini, H. (2019). Penerapan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren. Nanotechnology, 27(9), 3505– 3515.

Elfiani, L., Taufik, M., & Baiduri, B. (2019). The Development of Audio-Based Pop-Up Book Media on Two-Dimensional Rectangular For Junior High School Students. Mathematics Education Journal, 3(1), 44-54.

Faqih, M. (2020). Efektivitas penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis android dalam pembelajaran puisi. Jurnal Konfiks, 7(2), 27-34.

Fitria, N., Munandar, D. S., & Arifudin, O. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan geogebra pada materi transformasi geometri. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 47-59.

Harahap, O. F. M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media pembelajaran: teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa inggris. CV. Azka Pustaka.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212-221.

Novita, L. P. E., & Tegeh, I. M. (2021). POP-UP Book Daur Hidup Hewan. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 315-322.

Nurhayati, R. & Afifah, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Journal Deutsch Als Fremdsprache in Indonesian, 1(2), 1-8., 1–8.

Raesita, M., Robandi, B., & Rengganis, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pop-Up Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 114–124. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20535.

Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135.

Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-54.

Sinta, & Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taylor, R. H., & Bluemel, N. L. (2003). Pop-up books: An Introductory Guide. Collection Building, 22(1), 21–32. https://doi.org/10.1108/01604950310457177.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Wijaya, A. M. R., Arifin, I. F., & Badri, M. I. (2021). Media pembelajaran digital sebagai sarana belajar mandiri di masa pandemi dalam mata pelajaran sejarah. Sandhyakala Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1-10.

Downloads

Abstract Views : 832
Downloads Count: 294

Published

2023-12-31

How to Cite

Eliasar, K. M., & Astuti, S. (2023). Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPAS. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2222–2227. Retrieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/6143

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.