Hubungan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1076Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan minat belajar siswa di SMA Nusantara Indah. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dan jenis penelitian adalah survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Nusantara Indah Sintang. Teknik sampling proportionate Stratified Random. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dengan cara: analisis pendahuluan dengan perhitungan persentase, analisis lanjutan dengan perhitungan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson dan dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan pelaksanaan pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa SMA Nusantara Indah dengan nilai t hitung sebesar 0,876. Jumlah sampel berjumlah 45 pada taraf signifikansi 5% bernilai 2,306. Hal tersebut menunjukkan pada taraf signifikansi 5% nilai t hitung lebih kecil dari t tabel.
Keywords:
minat belajar, pembelajaran daringDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work