Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Djamil Sulaya Universitas Tompotika Luwuk
  • Almustari Enteding Universitas Tompotika Luwuk
  • Gafarudin Saharudin Universitas Tompotika Luwuk
  • Abdi Yalida FKIP_Universitas Tompotika Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3991

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar di Luwuk Kabupaten Banggai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Maahas Luwuk Kabupaten Banggai pada bulan Juli hingga Agustus 2022. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang masing-masing berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Angket dan Metode Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar peserta didik yang diajarkan dengan Pembelajaran onlinelebih tinggi dari minat belajar peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. Adanya perbedaan minat belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil perhitungan rata-rata minat belajar pada masing-masing kelompok perlakuan bahwa kelompok eksperimen dimana peserta didik dibelajarkan dengan Pembelajaran online lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dimana peserta didik dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Dari hasil tersebut, maka kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran online berpengaruh terhadap minat belajar pesertra didik sekolah dasar.

Keywords:

Pembelajaran Online, Minat Belajar, Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. D., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. (2022). Analisis Minat Anak Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 552-558.

A’yuni, Q. (2015). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Terhadap Minat Belajar Pai Siswa Di Smk Negeri 1 Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Basinun, B. (2017). Membangun E-Learning PAI Berbasis Jejaring Sosial Edmodo. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 15(2), 302-319.

Emilia, D. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Di Sd Negeri 64 Bengkulu Selatan Desa Suka Nanti Kecamatan Kedurang (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan minat belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik pada pembelajaran berbasis daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117-126.

Halik, A., & Aini, Z. (2020). Analisis keaktifan siswa dalam proses pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 131-141.

Husaini, H. (2021). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran pada Masa Pandemic Covid-19 di Kota Lhokseumawe. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(2), 299-322.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37-46.

Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 1(1).

Nurcholifa, S. (2014). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Putri, D. T. N., & Isnani, G. (2015). Pengaruh minat dan motivasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 1(2), 118-124.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.

Ridwan, M. (2011). Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII Akuntansi Mata Pelajaran Fiqih di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo (Doctoral dissertation, IAIN Sunan Ampel Surabaya).

Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(1), 66-72.

Trimartati, N. (2014). Studi kasus tentang gaya hidup hedonisme mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikopedagogia, 3(1), 20-28.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Downloads

Abstract Views : 472
Downloads Count: 123

Published

2022-12-29

How to Cite

Sulaya, D., Enteding, A., Saharudin, G., & Yalida, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1561–1566. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3991

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.