Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3991Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar di Luwuk Kabupaten Banggai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Maahas Luwuk Kabupaten Banggai pada bulan Juli hingga Agustus 2022. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang masing-masing berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Angket dan Metode Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar peserta didik yang diajarkan dengan Pembelajaran onlinelebih tinggi dari minat belajar peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. Adanya perbedaan minat belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil perhitungan rata-rata minat belajar pada masing-masing kelompok perlakuan bahwa kelompok eksperimen dimana peserta didik dibelajarkan dengan Pembelajaran online lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dimana peserta didik dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Dari hasil tersebut, maka kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran online berpengaruh terhadap minat belajar pesertra didik sekolah dasar.
Keywords:
Pembelajaran Online, Minat Belajar, Peserta DidikDownloads
References
Astuti, S. D., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. (2022). Analisis Minat Anak Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 552-558.
A’yuni, Q. (2015). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Terhadap Minat Belajar Pai Siswa Di Smk Negeri 1 Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Basinun, B. (2017). Membangun E-Learning PAI Berbasis Jejaring Sosial Edmodo. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 15(2), 302-319.
Emilia, D. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Di Sd Negeri 64 Bengkulu Selatan Desa Suka Nanti Kecamatan Kedurang (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan minat belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik pada pembelajaran berbasis daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117-126.
Halik, A., & Aini, Z. (2020). Analisis keaktifan siswa dalam proses pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 131-141.
Husaini, H. (2021). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran pada Masa Pandemic Covid-19 di Kota Lhokseumawe. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(2), 299-322.
Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37-46.
Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 1(1).
Nurcholifa, S. (2014). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Putri, D. T. N., & Isnani, G. (2015). Pengaruh minat dan motivasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 1(2), 118-124.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.
Ridwan, M. (2011). Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII Akuntansi Mata Pelajaran Fiqih di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo (Doctoral dissertation, IAIN Sunan Ampel Surabaya).
Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(1), 66-72.
Trimartati, N. (2014). Studi kasus tentang gaya hidup hedonisme mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikopedagogia, 3(1), 20-28.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Djamil Sulaya, Almustari Enteding, Gafarudin Saharudin, Abdi Yalida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work