Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Inquiry Pada Pembelajaran Daring Menggunakan Telegram Dan Google Meet
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1669Abstract
Pembelajaran daring menyebabkan peserta didik kurang aktif dan bersifat pasif dimana pembelajaran lebih banyak berpusat pada guru hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman konsep serta motivasi belajar bagi siswa. Dikarenakan masalah ini diperlukan strategi belajar yang mendukung pembelajaran aktif seperti pembelajaran kelompok. Pembelajaran kelompok yang efektif untuk diterapkan dalam kelas yaitu menggunakan model pembelajaran Team Based Learning. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Team Based Learning pada pembelajaran daring yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dan diujicobakan di kelas XI SMA Negeri 3 Gorontalo dengan desain uji coba one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perangkat yang dikembangkan valid yang diperoleh melalui uji validitas konstruk; (2) perangkat yang dikembangkan praktis ditunjukkan oleh pembelajaran terlaksana dengan kategori sangat baik, guru memberikan respon sangat setuju terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan peserta didik memberikan respon setuju terhadap proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; (3) perangkat yang dikembangkan efektif ditunjukkan oleh peserta didik yang aktif dalam pembelajaran, dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan skor N-gain tes kelompok (tRAT) > tes individu (iRAT) untuk tiga kali pertemuan berada pada kategori “sedang” serta rata-rata persentase penilaian sikap dan keterampilan dengan kategori baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas.
Keywords:
perangkat pembelajaran, team based learningDownloads
References
Budiarso. A.S. 2017. “Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisiska Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis (The Analysis Validity of Physics Learning Device Guided Inquiry Model to Improve Student Learning Outcomes SMA on Dynamic Electrical Materials).” Jurnal Edukasi 2017, IV (2): 15-20.
Buchori, Achmad, dan Rina Dwi Setyawati. 2015. “Development learning model of charactereducation through e-comic in elementary school.” International Journal of Education and Research 3(9): 369–86.
Fauziah, Nur. 2021. “Pemanfaatan Akses Aplikasi Belajar pada Proses Pembelajaran di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 2(1): 56–63.
Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Gubali, M.M., Yoseph P.,& Fitryane L. 2021. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Pada Materi Energi Untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Gorontalo. ” Jambura Physics Journal 3(1): 24-41.
Hake, Richard R. 1999. “Analizyng Change/Gain Scores.” Dept. of Physics, Indiana University 24245 Hatteras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA In (Division D): 1–4.
Iksan, Zanaton H, dan Sumaiyah Mohd Saufian. 2012. “Mobile Learning: Innovation in Teaching and Learning Using Telegram.” International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE) 11(1): 19–26.
Lewis, Drew, Steven Clontz, dan Julie Estis. 2019. “Pembelajaran Inkuiri Berbasis Tim.” (September).
Michaelsen, Larry K, Neil Davidson, dan Claire Howell Major. 2014. “Team-Based Learning Practices and Principles in Comparison With Cooperative Learning and Problem-Based Learning.” Journal on Excellence in College Teaching 25(3&4): 57–84.
Michaelsen, Larry K, dan Michael Sweet. 2008. “The Essential Elements of Team-Based Learning.” InterScience (116).
Nengrum, Thityn Ayu, Najamuddin Petta Solong, dan Muhammad Nur Iman. 2021. “Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo.” Jurnal Pendidikan 30(1): 1–12.
Nur, A., I. N. Kundera, dan L. N. Tangge. 2016. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA MAN 2 Model Palu.” E-Jurnal Mitra Sains 4(4): 57–66.
Parmelee, Dean, Larry K. Michaelsen, Sandy Cook, dan Patricia D. Hudes. 2012. “Team-based learning: A practical guide: AMEE Guide No. 65.” Medical Teacher 34(5).
Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.” Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 3(1): 59–72.
Rotgans, Jerome I, Preman Rajalingam, Michael A Ferenczi, dan Naomi Low-beer. 2019. “A Students ’ Model of Team-based Learning.” Health Professions Education 5(4): 294–302. http://dx.doi.org/10.1016/j.hpe.2018.10.003.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Vries, De, Simon Tweddell, dan Rebecca McCarter. 2018. “Team-based Learning: Engaging learners and creating team accountability.” UAS Journal: Journal of Finnish Universities of Applied Sciences EAPRIL Spe.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dwi Oktaviani, Asri Arbie, Abd. Wahidin Nuayi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work