Peningkatan Motivasi Mengajar dan Keterampilan Menggunakan TIK Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Suhartono SMP Negeri I Gegesik Kabupaten Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1011

Abstract

Permasalahan yang akan dipecahkan dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah apakah pelaksanaan FGD yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan motivasi dan keterampilanmenggunakan TIK dalam pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi covid 19 bagi guru SMP Negeri I Gegesik Kabupaten Cirebon? Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah melalui pelaksanaan FGD yang dilakukan secara terprogram oleh peneliti dapat meningkatkan motivasi dan keetrampilan menggunakan TIK bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Subjek penelitian adalah guru SMP Negeri I Gegesik Kabupaten Cirebon. Waktu penelitian adalah selama enam bulan, dimulai pada bulan Julisampai dengan bulan Desember 2020. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi dan keterampilan guru menggunakan TIK dalam pembelajaran daring mengalami peningkatan secara signifikan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan, rata-rata nilai siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal nilai rata-rata motivasi adalah 2,48 (C+), pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 2,74 (B-) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 3,26 (B+). Sedangkan peningkatan keterampilan guru menggunakan TIK dalam pembelajaran daringjuga terjadi peningkatan, yaitu pada prasiklus rata-rata kinerja guru sebesar 2,48 (C+), pada siklus I rata-ratanya meningkat menjadi 2,71 (B-), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 3,13 (B). Dengan melihat peningkatan nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ternyata pelaksanaan FGD yang dilakukan oleh penelitidapat meningkatkan motivasi dan keterampilanmenggunakan TIK bagi guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19.

Keywords:

motivasi, keterampilan TIK, pembelajaran daring, FGD

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 537
Downloads Count: 334

Published

2021-05-09

How to Cite

Suhartono, S. (2021). Peningkatan Motivasi Mengajar dan Keterampilan Menggunakan TIK Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 322–331. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1011

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.