Peningkatan Motivasi Mengajar dan Keterampilan Menggunakan TIK Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1011Abstract
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah apakah pelaksanaan FGD yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan motivasi dan keterampilanmenggunakan TIK dalam pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi covid 19 bagi guru SMP Negeri I Gegesik Kabupaten Cirebon? Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah melalui pelaksanaan FGD yang dilakukan secara terprogram oleh peneliti dapat meningkatkan motivasi dan keetrampilan menggunakan TIK bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Subjek penelitian adalah guru SMP Negeri I Gegesik Kabupaten Cirebon. Waktu penelitian adalah selama enam bulan, dimulai pada bulan Julisampai dengan bulan Desember 2020. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi dan keterampilan guru menggunakan TIK dalam pembelajaran daring mengalami peningkatan secara signifikan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan, rata-rata nilai siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal nilai rata-rata motivasi adalah 2,48 (C+), pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 2,74 (B-) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 3,26 (B+). Sedangkan peningkatan keterampilan guru menggunakan TIK dalam pembelajaran daringjuga terjadi peningkatan, yaitu pada prasiklus rata-rata kinerja guru sebesar 2,48 (C+), pada siklus I rata-ratanya meningkat menjadi 2,71 (B-), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 3,13 (B). Dengan melihat peningkatan nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ternyata pelaksanaan FGD yang dilakukan oleh penelitidapat meningkatkan motivasi dan keterampilanmenggunakan TIK bagi guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19.
Keywords:
motivasi, keterampilan TIK, pembelajaran daring, FGDDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work