Pembelajaran Dalam Jaringan dan Motivasi Berprestasi dalam Perspektif Buddhis dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Rasa Percaya Diri

Authors

  • Harianti STIAB Smaratungga
  • Partono STIAB Smaratungga
  • Khie Khiong STIAB Smaratungga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6302

Abstract

Pendidikan memegang peranan krusial dalam kemajuan suatu bangsa, dan rasa percaya diri memiliki peran penting dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kedua faktor tersebut terhadap rasa percaya diri mahasiswa serta menemukan hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik random sampling, melibatkan 105 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang mengevaluasi pembelajaran daring, motivasi berprestasi, dan tingkat rasa percaya diri. Analisis data menggunakan regresi sederhana dan ganda serta uji koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh masing-masing variabel terhadap rasa percaya diri mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik pembelajaran dalam jaringan maupun motivasi berprestasi dalam perspektif Buddhis memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat rasa percaya diri mahasiswa. Variabel pembelajaran dalam jaringan memberikan sumbangan efektif yang lebih besar (57,1%) daripada motivasi berprestasi (22,25%) terhadap tingkat rasa percaya diri. Ini menegaskan pentingnya implementasi pembelajaran daring yang efektif serta peningkatan motivasi berprestasi dalam membentuk rasa percaya diri mahasiswa. Dalam kesimpulan, penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran dalam jaringan dan motivasi berprestasi memiliki hubungan yang erat dalam membentuk rasa percaya diri mahasiswa. Implementasi pembelajaran daring yang efektif dan peningkatan motivasi berprestasi dapat menjadi strategi penting dalam membentuk rasa percaya diri mahasiswa di konteks pendidikan Buddhis.

Keywords:

Rasa Percaya Diri, Pembelajaran Daring, Motivasi Berprestasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226

Blanco, Q. A., Carlota, M. L., Nasibog, A. J., Rodriguez, B., Saldaña, X. V., Vasquez, E. C., & Gagani, F. (2020a). Probing on the Relationship between Students’ Self-Confidence and Self-Efficacy while engaging in Online Learning amidst COVID-19. Journal La Edusci, 1(4), 16–25. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v1i4.220

Blanco, Q. A., Carlota, M. L., Nasibog, A. J., Rodriguez, B., Saldaña, X. V., Vasquez, E. C., & Gagani, F. (2020b). Probing on the Relationship between Students’ Self-Confidence and Self-Efficacy while engaging in Online Learning amidst COVID-19. Journal La Edusci, 1(4), 16–25. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v1i4.220

Haryani, S., Minardo, J., & Astuti, A. P. (2022). Korelasi Pembelajaran Daring (Online) Terhadap Motivasi Belajar Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(4), 571–576. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i4.1281

Listari, L., Bahari, Y., & Zakso, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Analisis Implementasi Pendidiakn Kewirausahan, 1–13.

Liu, X., Xu, Y., Montes, R., & Herrera, F. (2019). Social network group decision making: Managing self-confidence-based consensus model with the dynamic importance degree of experts and trust-based feedback mechanism. Information Sciences, 505(July), 215–232. https://doi.org/10.1016/j.ins.2019.07.050

Misra, F., & Mazelfi, I. (2021). Long-Distance Online Learning During Pandemic: The Role of Communication, Working in Group, and Self-Directed Learning in Developing Student’s Confidence. Atlantis-Press.Com, 506, 225–234. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.210202.042

Poluan, M. C., Honandar, I. R., Poluan, M. C., & Honandar, I. R. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Tahun 2020 Dengan Metode Partial Least Square ( Pls ) The Influence Of Student Learning Motivation On Online Learning During The Covid-19 Pandemic In 2020 With Method. Emba, 11(3), 742–750. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/49709/43625

Ritonga, D. A., Azmi, C., & Sari, R. M. (2020). The Effect of Achievement Motivation and Self Confidence Towards Achievement of Wushu Sanda Athletes. Atlantis Press, 464(Psshers 2019), 413–418. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.099

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational Behavior.

Schleicher, A. (2020). The impact of COVID-19 on education - Insights from education at a glance 2020. OECD Journal: Economic Studies, 1–31. https://www.oecd.org/education/the-impact-of-covid-19-on-education-insights-education-at-a-glance-2020.pdf

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Sujarwo. (2011). Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).

Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/Doi: 10.31538/ndh.v5i2.557

Tolinggi, A. K., & Hestiningrum, A. (2023). Journal of Educational Technology , Curriculum , Learning , and Communication Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Online di MTsN. Journal of Educational Technology , Curriculum , Learning , and Communication, 3, 94–101. https://ojs.unm.ac.id/JETCLC/article/download/34032/pdf

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Downloads

Abstract Views : 240
Downloads Count: 65

Published

2023-12-31

How to Cite

Harianti, H., Partono, P., & Khiong, K. (2023). Pembelajaran Dalam Jaringan dan Motivasi Berprestasi dalam Perspektif Buddhis dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Rasa Percaya Diri . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2228–2234. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6302

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.