Pembelajaran Dalam Jaringan dan Motivasi Berprestasi dalam Perspektif Buddhis dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Rasa Percaya Diri
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6302Abstract
Pendidikan memegang peranan krusial dalam kemajuan suatu bangsa, dan rasa percaya diri memiliki peran penting dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kedua faktor tersebut terhadap rasa percaya diri mahasiswa serta menemukan hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik random sampling, melibatkan 105 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang mengevaluasi pembelajaran daring, motivasi berprestasi, dan tingkat rasa percaya diri. Analisis data menggunakan regresi sederhana dan ganda serta uji koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh masing-masing variabel terhadap rasa percaya diri mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik pembelajaran dalam jaringan maupun motivasi berprestasi dalam perspektif Buddhis memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat rasa percaya diri mahasiswa. Variabel pembelajaran dalam jaringan memberikan sumbangan efektif yang lebih besar (57,1%) daripada motivasi berprestasi (22,25%) terhadap tingkat rasa percaya diri. Ini menegaskan pentingnya implementasi pembelajaran daring yang efektif serta peningkatan motivasi berprestasi dalam membentuk rasa percaya diri mahasiswa. Dalam kesimpulan, penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran dalam jaringan dan motivasi berprestasi memiliki hubungan yang erat dalam membentuk rasa percaya diri mahasiswa. Implementasi pembelajaran daring yang efektif dan peningkatan motivasi berprestasi dapat menjadi strategi penting dalam membentuk rasa percaya diri mahasiswa di konteks pendidikan Buddhis.
Keywords:
Rasa Percaya Diri, Pembelajaran Daring, Motivasi BerprestasiDownloads
References
Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226
Blanco, Q. A., Carlota, M. L., Nasibog, A. J., Rodriguez, B., Saldaña, X. V., Vasquez, E. C., & Gagani, F. (2020a). Probing on the Relationship between Students’ Self-Confidence and Self-Efficacy while engaging in Online Learning amidst COVID-19. Journal La Edusci, 1(4), 16–25. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v1i4.220
Blanco, Q. A., Carlota, M. L., Nasibog, A. J., Rodriguez, B., Saldaña, X. V., Vasquez, E. C., & Gagani, F. (2020b). Probing on the Relationship between Students’ Self-Confidence and Self-Efficacy while engaging in Online Learning amidst COVID-19. Journal La Edusci, 1(4), 16–25. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v1i4.220
Haryani, S., Minardo, J., & Astuti, A. P. (2022). Korelasi Pembelajaran Daring (Online) Terhadap Motivasi Belajar Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(4), 571–576. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i4.1281
Listari, L., Bahari, Y., & Zakso, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Analisis Implementasi Pendidiakn Kewirausahan, 1–13.
Liu, X., Xu, Y., Montes, R., & Herrera, F. (2019). Social network group decision making: Managing self-confidence-based consensus model with the dynamic importance degree of experts and trust-based feedback mechanism. Information Sciences, 505(July), 215–232. https://doi.org/10.1016/j.ins.2019.07.050
Misra, F., & Mazelfi, I. (2021). Long-Distance Online Learning During Pandemic: The Role of Communication, Working in Group, and Self-Directed Learning in Developing Student’s Confidence. Atlantis-Press.Com, 506, 225–234. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.210202.042
Poluan, M. C., Honandar, I. R., Poluan, M. C., & Honandar, I. R. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Tahun 2020 Dengan Metode Partial Least Square ( Pls ) The Influence Of Student Learning Motivation On Online Learning During The Covid-19 Pandemic In 2020 With Method. Emba, 11(3), 742–750. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/49709/43625
Ritonga, D. A., Azmi, C., & Sari, R. M. (2020). The Effect of Achievement Motivation and Self Confidence Towards Achievement of Wushu Sanda Athletes. Atlantis Press, 464(Psshers 2019), 413–418. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.099
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational Behavior.
Schleicher, A. (2020). The impact of COVID-19 on education - Insights from education at a glance 2020. OECD Journal: Economic Studies, 1–31. https://www.oecd.org/education/the-impact-of-covid-19-on-education-insights-education-at-a-glance-2020.pdf
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
Sujarwo. (2011). Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).
Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/Doi: 10.31538/ndh.v5i2.557
Tolinggi, A. K., & Hestiningrum, A. (2023). Journal of Educational Technology , Curriculum , Learning , and Communication Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Online di MTsN. Journal of Educational Technology , Curriculum , Learning , and Communication, 3, 94–101. https://ojs.unm.ac.id/JETCLC/article/download/34032/pdf
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Harianti, Partono, Khie Khiong

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work