Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1888Abstract
Adanya pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan surat edaran yang menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring. Agar pembelajaran daring dapat berlangsung dengan baik maka pembelajaran harus tetap direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi oleh guru sehingga tujuan pembelajaran tetap tercapai meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring, mengetahui problematika yang muncul dan solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan sumber data guru, peserta didik dan wali murid. Adapun teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi sebesar 85,35% menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SDN 1 Kedokan Agung selama masa pandemi covid-19 sudah terlaksana dengan sangat baik, guru dan peserta didik telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menunjukkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring menimbulkan problematika seperti kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran, kurangnya kerjasama wali murid dengan peserta didik serta keterbatasan fasilitas. Solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring diantaranya adalah guru tetap memberikan bimbingan dan pendampingan pada peserta didik, memberikan pengertian tentang pentingnya kerjasama wali murid dan peserta didik.
Keywords:
analisis, pembelajaran daring, pandemi covid-19, sekolah dasarDownloads
References
Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Islam, 131-147. doi:10.22373/jm.v7i1.1913
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4 (1), 152-159. doi:10.29408/goldenage.v4i01.2203
Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61. doi:10.31004/edukatif.v2i1.89
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2), 81-89. doi:10.31605/ijes.v2i2.659
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK, 5 (1), 31-47. doi:10.31980/jpetik.v5i1.445
Kuntarto, E. (2017). Keefetifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3 (1), 99-110. doi:10.24235/ileal.v3i1.1820
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7 (2), 297-302. doi:10.31316/esjurnal.v7i2.768
Rupiah. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring daam masa Pandemi Covid-19 pada Tingkat Madrasah di Kabupaten Bengkulu Tengah. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7 (2), 179-188. doi:10.35326/pencerah.v7i2.1028
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2), 214-224. doi:10.22437/bio.v6i2.9759
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1 (1), 88-97. doi:10.48094/raudhah.v1i1.10
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona VIrus Disease (COVID-19). Jakarta: KEMDIKBUD.
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta: KEMDIKBUD.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 103-114. doi:10.32585/jkp.v2i2.113
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPDIKNAS.
Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Pangkaja Jurnal Agama Hindu, 24 (1), 107-118. doi:10.25078/pkj.v24i1.2185
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work