Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Daring
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3138Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani secara daring. Diperlukan sebuah usaha untuk meningkatkan keaktifan siswa, dengan upaya guru melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah secara daring. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah secara daring digunakan oleh peneliti sebagai solusi dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, hal ini sejalan untuk mencapai tuntutan Kurikulum di Indonesia yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 yaitu siswa dituntut aktif pada saat proses pembelajaran dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran pendidikan jasmani secara daring di SMK Al Fathimiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2022. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Al Fathimiyah Karawang, dengan subjek penelitian 1 orang guru PJOK dan 6 siswa kelas 11. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah sudah efektif dilakukan pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani secara daring di SMK Al Fathimiyah, dan pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah dapat dipahami dan dilakukan dengan baik di SMK Al Fathimiyah Karawang.
Keywords:
model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran penjas, Pembelajaran DaringDownloads
References
Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: CV. Kencana
Azra, M. H. (2021). Efektivitas pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) pada siswa SMK Negeri 1 Makassar. Doctoral Disertation Universitas Negeri Makassar, 1–12.
Dewi, R., Gustiawati, R., & Afrinaldi, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2).
Fathurrohman, M. (2017). Model-model pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fauzi, M. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bolavoli Mini Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V MIN Slemanan Kabupaten Blitar. Jurnal Simki-Techsain, 2(4), 5-6.
Friskawati. (2015). Implementasi pembelajaran penjas berbasis masalah gerak pada siswa tunarungu. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 79–96.
Harapit, S. (2018). Peranan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 912–917.
Joyoleksono, S. K., Raharjo, T. J., & Suratinah. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 90-94. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Pangestika, N., Faizin, M., & Mursalim (2022). Analisis Faktor Penghambat Implementasi Pembelajaran Daring Siswa SD Impres 68 Kota Sorong. Jurnal Papeda, 4(1), 84-87. https://unimuda.e-journal.id
Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan : Meta-Analisis. Indonesian Journal of Education Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah: Purwodadi: CV. Sarnu Untung
Prayoga, M. F. (2021). Problem Based Learning (PBL): Bagaimana penerapannya dalam pembelajaran teknik passing bolavoli. 21–26.
Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: CV.Alfabeta.
Rahayu, E. T., Pratiwi, F., & Mahardhika, D. B. (2018). Pengaruh Inovasi Media Pembelajaran Loud Ball Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Riset Inovatif, 6, 216–223.
Rahmayanti Dewi, Resti Gustiawati, & Rolly Afrinaldi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327
Resita, C. (2017). Pelatihan Gerak Dasar Anak Usia Dini Sekolah Paud Se-. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 20, 174–178.
Ruspiandi, R. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS kelas V SD Sukaraharja Ciajur. Jurnal Universitas Pasundan. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13055
Yunanto, T. F. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK Pada Materi Budaya Hidup Sehat Di Kelas VIII MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar. Diploma Thesis, Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/id/eprint/50186
Yunita et al. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Secara Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 69-72. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.38402
Yusrie, C. S., Ernawati, & Mudrikah, A. (2022). Standarisasi dan Profesionalisasi Pendidikan Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Industri 4.0: Studi Kasus MIN Kota Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.862
Wibowo, N., Suswandari, M., Widyastuti, E., Veteran, U., & Nusantara, B. (2022). Strategi Pembelajaran Daring Melalui Zoom Meeting. 3(1), 150–158.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 110-111.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Latif Khan, Andrie Chaerul, Citra Resita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work