Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Question Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8935Abstract
Permasalahan yang sering ditemukan pada pembelajaran yakni rendahnya motivasi belajar siswa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SDN 3 Montong Betok, didapatkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III tergolong masih rendah ditandai dengan munculnya indikator yang mengarah ke motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media question card terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 3 Montong Betok tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental, desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampel jenuh yakni seluruh peserta didik kelas IIIA dan IIIB sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket serta menggunakan instrument lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan lembar angket/kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji statistik independent sample t test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05 maka Ho ditolak yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan question card terhadap motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 3 Montong Betok tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan perhitungan effect size cohen’s (d) didapatkan hasil sebesar 0,80, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut masuk dalam kriteria pengaruh yang besar.
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay, Question Card, Motivasi BelajarDownloads
References
Andhika, M. R., & Mauliza, M. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i1.1277
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ari Astuti, N. M. M., Ardana, I. K., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 319–328. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19506
Arimbawa, R. K., Renda, N. T., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Question Card Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2877
Dewi, N. P. I. C. et al. (2019). Motivasi Belajar Dan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol 3(2), No 2.
Faradita, M. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 185–192.
Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966
Istiqomah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Padang I. 1–23.
Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97
Nurhayati, N., & Marliani, N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 29. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5248
Prastiwi, N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IVB SDN Brumbung Tahun Ajaran Gasal 2021/2022. Action Research Journal, 2(1), 35–41. http://journal.kualitama.com/index.php/arj/article/view/477%0Ahttp://journal.kualitama.com/index.php/arj/article/download/477/247
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Restu Rahayu et al. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.
Santoso. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407
Sulaeman. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Islamadina, XIV(1), 71–95.
Sulfemi, W. B. S., Arsyad, A., & Nurlelasari, E. (2022). Model Course Review Horay Berbantu Media Kartu Berpadu Permainan Tic Tac Toe dalam Pembelajarn PAI Masa PPKM. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 171–188. https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.728
Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455–466. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86
Yuniati, V. (2007). Peningkatan Motivasi Belajar Ips Menggunakan Metode Pembelajaran Course Review Horay Improving Motivation To Learn Social Studies By Using the Course Review Horay.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shifa Irawaty, Husniati, Vivi Rachmatul Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work