Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kemandirian Pada Peserta Didik Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6778Abstract
Pendidikan merupakan salah satu bidang yang terus mengalami perkembangan seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi pendekatan pembelajaran saintifik terhadap perkembangan kemandirian belajar peserta didik di SDN Semper Barat 11, khususnya pada kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilakukan dengan baik, meliputi penetapan tujuan pembelajaran, pemilihan model pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kelas V dilakukan melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan kemandirian belajar, ditandai dengan keaktifan dalam belajar, motivasi yang tinggi, berdasarkan inisiatif sendiri, dan melakukan kontrol diri. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran saintifik memiliki kontribusi yang signifikan dalam pengembangan kemandirian belajar peserta didik di SDN Semper Barat 11. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif serta memberikan landasan empiris untuk peningkatan metode pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kemandirian belajar peserta didik.
Keywords:
Pendekatan Saintifik, Kemandirian Belajar, Rencana Pelaksanaan PembelajaranDownloads
References
Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1):1-9.
Haris, A. P., Dewi, N. K., & Jaelani, A. K. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Journal of Classroom Action Research, 5:315-320.
Hasnan, S. M., Rusdinal, & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery LearningDan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2):239-249.
Hidayat, R., Iskanadar, D., & Azhari, A. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Pembelajaran Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Dakwah, 18(2):1-24.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalalm Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jannah, F., Sulistiyana, & Sugianto, A. (2022). Hubungan Keterampilan Sosial dan Kontrol Diri dengan Penerimaan Teman SebayaPada Siswa SMP Negeri 33 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan dan Konseling , 12(1):75-84.
Magdalena, I. (2020). Evaluasi Pembelajaran SD (Teori dan Praktik). Jawa Barat: CV Jejak
Mariana, D. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2):172-178.
Marlina, DKK. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.
Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(1):74-82.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundari, Fuadi, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Kemandirian Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1):1389-1397.
Syarifuddin, H. (2023). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 5(2):259-269.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jihan Andini Putri, Trian Pamungkas Alamsyah, Reksa Adya Pribadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work