Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi Di Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765Abstract
Pada saat kondisi pandemi, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui respon guru terhadap kendala dalam proses pembelajaran Biologi pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengisian angket berupa Google Form. Hasil dari respon para guru yaitu mengenai kehadiran 70% - 90% melakukan alternatif berupa via on camera dan gooogle form, mengenai kendala sinyal dan kuota dari 90% - 100% menyiapkan alternatif berupa pemberian bahan ajar dan media, mengenai kendala penilaian dari 60% - 100% menyiapkan alternatif berupa daily journey dan diskusi, mengenai kendala penjelasan materi rata-rata guru menyiapkan alternatif berupa video penjelasan 60%, kuis 100% dan video animasi 100%, mengenai kendala praktikum bahwa guru rata-rata memberikan alternatif membuat video dan memberi soal dengan 100% dan memberikan alternatif video sederhana 80%. Beberapa kendala yang terjadi pada pembelajaran biologi secara daring antara lain jaringan internet, kehadiran siswa selama berlangsungnya pembelajaran, proses berlangsungnya pembelajaran, pelaksanaan praktikum dan penilaian siswa. Dari kendala tersebut guru memberikan beberapa alternatif agar pembelajaran tetap berlangsung ditengah keterbatasan antara guru dan siswa.
Keywords:
kendala, pembelajaran, alternatif, pandemi covid-19Downloads
References
Ernawati, Y. 2020. Problematik Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. 13(1): 01-15.
Erniwati. Eso, R. & Rahmia, S. 2014. Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video Dalam Pembelajaran IPA Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Perubahannya. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 10(3): 269-273.
Fadli, M.Z.& Hidayati, R.N. 2020. Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Whatsapp Group. Journal of Islamic Education Policy. 5(2): 99-110.
Husein, Batubara, Hamdan. 2016. Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 8(1) : 39-50.
Jariyah, I.A. dan Esti Tyastirin. 2020. Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Respon Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. Vol 4(2):183-196.
Jusuf , R., & Maaku , A. (2020). Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah. Jurnal Ilmiah Iqra', 13(2), 155-170.
Nurdyansyah dan Mutala’liah. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah.
Pangestuningsih, Dwi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN Balas Klumprik Surabaya. Jurnal penelitian PGSD. Vol 1(2).
Prajana, Andika. 2017. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Dalam Media Pembelajaran Di Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal PendidikanTeknologi Informasi.1(2) :122-133.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work