Kesulitan Belajar Siswa Kelas VI dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Desa Gondosari Gebog Kudus
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3163Abstract
Kesulitan belajar yang dialami siswa akan menimbulkan suatu keadaan dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya sehingga memiliki prestasi yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar dalam pembelajaran masa pandemi, faktor penyebab kesulian belajar, serta upaya orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar kelas VI di Desa Gondosari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VI di Desa Gondosari yaitu kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal cerita, kesulitan dalam berhitung, dan kesulitan dalam memahami konsep. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar terdiri dari kesehatan tubuh yang tidak optimal, gangguan penginderaan, motivasi belajar rendah, minat belajar rendah, kurangnya perhatian orang tua, pengaruh dari teman sebaya, penggunaan media elektronik yang berlebihan. 3) Upaya orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu menyediakan fasilitas belajar, mengawasi kegiatan belajar, mengenali kesulitan belajar anak, serta memberikan motivasi dan dorongan belajar.
Kata Kunci: Kesulitan belajar, Pembelajaran masa pandemi
Keywords:
Kesulitan belajar, Pembelajaran masa pandemiDownloads
References
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133.
Andri, A. M., Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231-241.
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79-87.
Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3940-3949.
Fajriati, K. M., Lestari, D. P. I. ., Rahayu, A. E. ., & Wardani, I. K. . (2022). Kedudukan Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Sebagai Pengembangan Kinerja Menuntut Ilmu Peserta Didik. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 118–125. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.137
Handayani, Fazariah N., & Mahrita. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK & Pendidikan, 6 (2), 40-48.
Herron, R. & Peter, V. J. (2005). Gaul yang Pas buat Kamoe-Kamoe. Alih Bahasa: Sugeng Hariyanto. Bandung: Kaifa.
Jamal, F. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Mulyadi. (2016). Bimbingan Konseling dan Madrasah. Jakarta: Prenadamedia Groub.
Nurjan, S. (2015). Psikologi Belajar. Ponorogo Indonesia: Wade Group.
Pratiwi, N., Wildan, W., Loka, I. N., & Muntari, M. (2021). Hubungan antara Penggunaan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Kimia pada Era Wabah Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(3), 281-286.
Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas IV sdn 3 gemulung pada materi pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37-41.
Rofiqi & Rosyid, M. Z. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa. Malang: Literasi Nusantara.
Rosdianah, R., Kartinah, K., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 120-132.
Septianti, D.F., Faturrahman, I., dan Pratiwi, I. A. 2021. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak SD. Jurnal Education FKIP UNMA. 7(3), 1104-1111.
Sudirman, S., Cahyono, E., & Kadir, K. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2).
Tyas, N. M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.
Wahyuni, Y., & Netti, S. (2021). Analisis Motivasi belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 12(1), 52-59.
Yulianingsih, W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Zulfayanti, I. F., Purbasari, I., & Masfu'ah, S. (2022). Karakteristik Pendampingan Orang Tua Dalam Kedisiplinan Belajar Anak Masa Pandemi Di Desa Ketip Juwana. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yessy Noor Affifah Afiyanti, Imaniar Purbasari, Ika Ari Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work