Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Abror Syafruddin IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1345

Abstract

Peningkatan mutu pembelajran di sekolah merupakan salah satu faktor penting yang dianggap perlu untuk mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius dari berbagai pihak yang terkait. Hal ini berhubungan erat dengan manajemen kurikulum sekolah. Keberhasilan institusi pendidikan dalam melaksanakan kurikulum sekolah secara maksimal perlu didukung dengan sebuah manajemen kepala sekolah yang mampu dalam mengelola kurikulum, mengingat kepala sekolah merupakan motor penggerak bagi sumber daya yang dimiliki oleh lembaga. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana kepala sekolah dalam mengelola kurikulum berbasis pesantren dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMA Al-Islah Boarding School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen kepala sekolah serta strategi yang dilakukan dalam upaya mengelola kurikulum sekolah yang terintegrasi dengan kurikulum pesantren dalam meningkatkan kualitas bahasa Arab dan juga mendeskripsikan dampak dari menajemen yang diterapkan kepala sekolah dalam mengelola kurikulum serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kepala sekolah dalam mengelola kurikulum berbasis pesantren yang diterapkan di SMA Al-Islah Boarding School kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Data yang dianalisis adalah hasil observasi, wawancara dengan Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Kepala tenaga administrasi sekolah, perwakilan Tenaga pendidik dan Siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa kepala sekolah telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dengan baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang manajer, dalam hal ini mengelola dan mengembangkan kurikulum sekolah yang terintegrasi dengan kurikulum pesantren. Dampak dari pengelolaan yang baik itu terlihat pada prestasi sekolah baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Keywords:

manajemen, kepala sekolah, kurikulum berbasis pesantren

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 429
Downloads Count: 248

Published

2021-10-05

How to Cite

Syafruddin, A. (2021). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1331–1336. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1345

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.