Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1345Abstract
Peningkatan mutu pembelajran di sekolah merupakan salah satu faktor penting yang dianggap perlu untuk mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius dari berbagai pihak yang terkait. Hal ini berhubungan erat dengan manajemen kurikulum sekolah. Keberhasilan institusi pendidikan dalam melaksanakan kurikulum sekolah secara maksimal perlu didukung dengan sebuah manajemen kepala sekolah yang mampu dalam mengelola kurikulum, mengingat kepala sekolah merupakan motor penggerak bagi sumber daya yang dimiliki oleh lembaga. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana kepala sekolah dalam mengelola kurikulum berbasis pesantren dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMA Al-Islah Boarding School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen kepala sekolah serta strategi yang dilakukan dalam upaya mengelola kurikulum sekolah yang terintegrasi dengan kurikulum pesantren dalam meningkatkan kualitas bahasa Arab dan juga mendeskripsikan dampak dari menajemen yang diterapkan kepala sekolah dalam mengelola kurikulum serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kepala sekolah dalam mengelola kurikulum berbasis pesantren yang diterapkan di SMA Al-Islah Boarding School kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Data yang dianalisis adalah hasil observasi, wawancara dengan Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Kepala tenaga administrasi sekolah, perwakilan Tenaga pendidik dan Siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa kepala sekolah telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dengan baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang manajer, dalam hal ini mengelola dan mengembangkan kurikulum sekolah yang terintegrasi dengan kurikulum pesantren. Dampak dari pengelolaan yang baik itu terlihat pada prestasi sekolah baik dalam bidang akademik maupun non akademik.
Keywords:
manajemen, kepala sekolah, kurikulum berbasis pesantrenDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work