Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820Abstract
Pembiasaan baik dalam kegiatan di sekolah merujuk pada kegiatan yang dilakukan secara konsisten dan terarah untuk membentuk karakter peserta didik yang baik dan positif. Kegiatan pembiasaan baik dapat dilakukan dalam bentuk program-program sekolah, aturan-aturan sekolah, dan kegiatan sehari-hari di kelas. Tujuannya adalah untuk membentuk pola perilaku yang positif dan membantu peserta didik untuk mengembangkan karakter yang baik dan berkualitas. Penelitian ini membahas mengenai dampak pembiasaan baik terhadap karakter peserta didik SD N Karanganyar Gunung 02 Semarang. Pembiasaan baik yang dilakukan secara konsisten dan terarah dapat membentuk karakter peserta didik, seperti rasa disiplin, tanggung jawab, kejujuran, kerja keras, dan semangat pantang menyerah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan baik yang diterapkan di sekolah memiliki dampak positif terhadap karakter peserta didik, pada indikator disiplin waktu memperoleh 86% dengan kualifikasi sangat baik, kemudian indikator disiplin menegakkan aturan memperoleh 74,3% dengan kualifikasi baik, selanjutnya pada indikator disiplin sikap memperoleh 83% dengan kualifikasi sangat baik, dan pada indikator disiplin dalam bberibadah memperoleh 87,5% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, pembiasaan baik perlu diterapkan secara konsisten dan terarah di sekolah untuk membentuk karakter peserta didik yang lebih baik sehingga peserta didik menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, jujur, rajin, dan memiliki semangat pantang menyerah.
Keywords:
Kebiasaan Baik, Pendidikan Karakter, Sekolah DasarDownloads
References
Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106-119.
Anggraeni, C., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 5(1), 100-109.
Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120
Hamid, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5632
Husna, H. (2022). Strategi Keteladanan dan Pembiasaan Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Ibda, H. (2017). Peningkatan kompetensi profesional guru sd/mi melalui menulis di media. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1).
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan metode pembiasaan dalam pembelajaran dengan disiplin anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 105-110.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyawati, Y., Sumardi, S., & Elvira, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01-14.
Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Jurnal Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian.
Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3758–3768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303
Pertiwi, A. H. (2021). Pembiasaan nilai tanggung jawab dalam pembelajaran daring. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 48-54.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Sugiharto, R. (2017). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Surifah, J., Rosidah, L., & Fahmi, F. (2018). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Ex-Post Facto Di KB-TKIT Raudhatul Jannah Cilegon Banten). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 113-124.
Syah, I. J. (2019). Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah (Telaah Hadits Nabi Tentang Perintah Mengajarkan Anak Dalam Menjalankan Sholat). J. Child. Educ, 2(1), 1-21.
Trianis, I. A. (2019). Implementasi Metode Pembiasaan Berbasis Budaya Sekolah untuk Meningkatkan Karakter Religius Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB-PRI Pekalongan. eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 196-207.
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai-nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eva Maela, Veryliana Purnamasari, Iin Purnamasari, Siti Khuluqul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work