Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402Abstract
Pendidikan dasar merupakan tahap penting dalam pembentukan dan perkembangan siswa. Pentingnya penilaian dalam pembelajaran juga tidak dapat diabaikan. Penilaian yang tepat dapat memberikan umpan balik yang berguna bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari peran penilaian dalam meningkatkan prestasi siswa di pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung di kelas, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen terkait dengan penilaian dan prestasi siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian yang efektif dapat memberikan umpan balik yang berarti dan konstruktif kepada siswa, memotivasi mereka untuk meningkatkan prestasi akademik mereka. Guru yang menggunakan berbagai teknik penilaian, memberikan umpan balik yang jelas, dan melibatkan siswa dalam proses penilaian cenderung menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih positif dan produktif. Selain itu, penilaian formatif yang terintegrasi dengan pembelajaran sehari-hari juga memiliki dampak positif terhadap prestasi siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian yang memperhatikan aspek pembelajaran siswa dapat berperan penting dalam meningkatkan prestasi mereka di pendidikan dasar.
Keywords:
Penilaian Pembelajaran, Prestasi siswa, Pendidikan DasarDownloads
References
Abidin, R. Z. (2016). Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif.
Abidin, Y. (2012). Model penilaian otentik Dalam pembelajaran membaca pemahaman Beroreintasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2).
Amelia, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555.
Ani, Y. (2013). Penilaian autentik dalam kurikulum 2013. In Seminar Nasional Implementasi Kurikulum (pp. 742-749).
Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan penting evaluasi pembelajaran Bahasa di sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1-9.
Harjasuganda, D. (2008). Pengembangan Konsep Diri yang Positif pada Siswa SD Sebagai Dampak Penerapan Umpan Balik (Feedback) dalam Proses Pembelajaran Penjas. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Nomor, 9(8), 4-5.
Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96.
Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.
Magdalena, I., Afianti, N. A., & Yanti, A. A. (2020). Penilaian Hasil Belajar Siswa Dengan Kurikulum 2013 di SD Islam Asysyakirin. PANDAWA, 2(3), 466-476.
Mahanani, C., Susanto, M. R., & Mahanani, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Pada Siswa Tata Busana Di Yogyakarta. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1).
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115-125.
Samsiadi, S., & Humaidi, M. N. (2022). Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(2), 666-673.
Sari, N. P. N. P., & Sudiana, I. K. (2019). Penilaian sikap sebagai dampak pengiring pembelajaran praktikum kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 68-76.
Suyitno, S. (2022). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58-65.
Wildan, W. (2017). Pelaksanaan penilaian autentik aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan di sekolah atau madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131-153.
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Triasari Andayani, Faisal Madani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work