Penerapan Media Pembelajaran Baamboozle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9519Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media pembelajaran baamboozle sebagai solusi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas XI.1 SMA N 3 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kurangnya minat belajar peserta didik pada mata pembelajaran PPKn didalam kelas. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik di kelas XI.1 semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pembelajaran yang terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, refleksi dan evaluasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran baamboozle pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket minat belajar peserta didik yang awalnya saat pra siklus dengan kategori cukup tinggi 66%. Pada pelaksanaan siklus 1 minat belajar peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 81% dan siklus 2 sebanyak 87% dimana kedua angka tersebut masuk dalam kategori tinggi dan sangat tinggi, Maka penulis menetapkan penelitian berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan media pembelajaran baamboozle.
Keywords:
Baamboozle, Meningkatkan Minat Belajar, PPKnDownloads
References
Kadek ria anggita sari, N., & B. Surya Manuba, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Spinner Word Berbasis Kontekstual Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar No. 9 Benoa Kabupaten Badung. JPDK. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 310-315.
Kajori Febbyana Ilwan & Benny Hendriana. (2023). Improving Students' Mathematical Communication Ability Through Problem-Based Learning Assisted By Baamboozle. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 8(3). 893-904.
Kusyani Diah & Sukma Adelina Ray. (2023). Efektivitas Baamboozle terhadap Kemampuan Memahami Teks Cerita Rakyat Sumatera Utara pada Siswa Kelas VII SMP. GHÂNCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Special Edition: Lalonget IV. 463-480.
Lutfiah. (2023). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI Materi Syaja’ah Di Smk Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Published by: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya. 3(1), 2807-8632.
Nazmi Muhammad. (2017). Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sma Pgii 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17 (1). 48-57.
Nurgiansyah Heru T. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 1529-1534.
Winaningsih Elis T, Fajar S & Pahruroji. (2023). Baamboozle's Effectiveness in Increasing Learning Motivation in Islamic Studies. Tarwiyah: Jurnal ilmiah Pendidikan, 6(2), 124-140.
Yuniar Martha, Yoni hermawan & Raden Roro S,N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Roar (Read, Observe, Auditory, Review) Berbantukan Media Baamboozle Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. Jurnal Sains Student Research. 1(1). 536-548.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saffitri, Kurnisar, Tyas Masito Mutiara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work