Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2957Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran guru dalam menumbuhkan minat belajar PPKn peserta didik kelas V SDN Wirun. Penelitian ini dilaksanakan sebab kurang adanya minat belajar PPKn yang dimiliki oleh peserta didik kelas V SDN Wirun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Wirun dengan 4 peserta didik kelas V dan 1 guru kelas V. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas,dan konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peran guru yang diterapkan dalam menumbuhkan minat belajar PPKn siswa kelas V SDN Wirun adalah guru berperan menjadi informator, guru berperan menjadi motivator, guru berperan menjadi pengelola kelas, dan guru berperan menjadi fasilitator. Dalam pembelajaran PPKn tingkatan minat belajar yang dimiliki oleh siswa berbeda-beda. Temuan dari penelitian ini adalah peran yang diterapkan oleh guru sebagai informator, motivator, pengelola kelas, dan fasilitator dapat menumbuhkan minat belajar PPKn siswa kelas V SDN Wirun.
Keywords:
Peran Guru, Minat Belajar, PPKnDownloads
References
Achru, P. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, III(2), 205-215. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), 93-196. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.
Fuad, Z. A., & Zuraini. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3 (2), 42-45.
Hejon, V. D., Nuwa, G., & Chotimah, N. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Motivator dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas VII SMPN 1 Talibura. Jurnal Adi Djemma: Jurnal Pendidikan, 4 (2), 71-83.
Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 (2), 171-188.
Minsih & Diniarti, A. G. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. JPPD, 5 (1), 20-27.
Putra, A. R. P., Ismaya, E. A., & Santoso. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Jurnal Sosial dan Sains, 1 (1), 219-227.
Rasam, F. & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5 (1), 95-113. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391.
Ro’ifah, R., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Daring Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Kedungsari. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (2), 473-484. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8125.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2 (1), 470-477.
Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (11), 2255-2262. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.472.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6 (1), 35-43. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750.
Sulthani, D. A. (2017). Hubungan Metode Mengajar dengan Minat Belajar di MTs Aisyiyah Ujung Belakang Olo Padang. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3 (2), 163-179. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3336.
Zamroni, A., Muhammad, & Wibowo, A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa SMK Al-Ma’arif Way Kanan. JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1 (2), 81-90.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Natasya Dwi Amelia, F. Shoufika Hilyana, Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work