Analisis Nilai-Nilai Multikultural pada Buku Ajar IPAS Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka

Authors

  • Candra Sapta Ramadan Universitas Majalengka
  • Rina Sapro’ah Universitas Majalengka
  • Wihdan Fauzan Rahmatullah Universitas Majalengka
  • Eulis Sindy Nurpitasari Universitas Majalengka
  • Ririn Ranimah Universitas Majalengka
  • Ikhsan Fauzi Maulana Universitas Majalengka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis representasi nilai-nilai multikultural dalam buku ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk kelas IV SD berdasarkan Kurikulum Merdeka. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis konten setiap bab buku terkait aspek keberagaman budaya, toleransi, dan gotong-royong. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku ajar IPAS kelas IV telah mengintegrasikan nilai-nilai multikultural secara tematik dan kontekstual, seperti dalam pembahasan tentang kearifan lokal, budaya daerah, dan kegiatan proyek berbasis keberagaman. Temuan ini diperkuat oleh pandangan para ahli yang menyatakan bahwa pendidikan multikultural harus dimulai sejak dini melalui bahan ajar yang inklusif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada evaluasi kurikulum dalam konteks penguatan karakter kebinekaan.

Keywords:

Multikulturalisme, Buku Ajar, IPAS, Kurikulum Merdeka, Keberagaman Budaya, Pendidikan Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 17
Downloads Count: 4

Published

2023-12-04

How to Cite

Ramadan, C. S., Sapro’ah, R., Rahmatullah, W. F., Nurpitasari, E. S., Ranimah, R., & Maulana, I. F. (2023). Analisis Nilai-Nilai Multikultural pada Buku Ajar IPAS Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka . Journal of Innovation in Primary Education, 2(2), 1–7. Retrieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/15769

Issue

Section

Articles