Analisis Pendekatan, Strategi, Model, Metode dan Teknik Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

Authors

  • Candra Sapta Ramadan Universitas Majalengka
  • Ryan Ocfa Chanda SP Universitas Negeri Padang
  • Anugrah Bagi Sukma Universitas Negeri Padang

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar membutuhkan perencanaan yang matang melalui pemilihan pendekatan, strategi, metode, model, dan teknik yang tepat. Penelitian ini menggunakan studi literatur terhadap berbagai kajian nasional maupun internasional terkait implementasi pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme, problem solving, dan realistik terbukti meningkatkan pemahaman konsep siswa. Strategi pembelajaran inkuiri dan ekspositori memiliki peran signifikan dalam menyesuaikan kebutuhan siswa. Model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning), berbasis proyek (Project-Based Learning), dan kooperatif mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, serta hasil belajar matematika siswa. Kesimpulannya, keberhasilan pembelajaran matematika SD ditentukan oleh integrasi sinergis antara pendekatan, strategi, metode, model, dan teknik pembelajaran yang kontekstual serta sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Keywords:

pembelajaran matematika, pendekatan, strategi, model, metode, teknik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 36
Downloads Count: 22

Published

2023-12-20

How to Cite

Ramadan, C. S., Chanda SP , R. O., & Sukma, A. B. (2023). Analisis Pendekatan, Strategi, Model, Metode dan Teknik Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Journal of Innovation in Primary Education, 2(2), 24–31. Retrieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/15788

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.