Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Media Diorama Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9524Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Inquiry Terbimbing berbantuan media Diorama berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental, desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas V di SDN 16 Perapakan Besi. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah siswa kelas VA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa dan VB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal essay yang memuat indikator kemampuan literasi sains dan teknik non tes berupa angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji t dua sampel, Effect Size dan Presentase angket respon siswa. Hasil penelitian menyatakan (1) Terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa yang menggunakan model Inquiry Terbimbing berbantuan media Diorama dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional, hasil perhitungan menunjukkan = 3,3738 > = 1,679 (2) model Inquiry Terbimbing berbantuan media Diorama berpengaruh tinggi terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 16 Perapakan Besi, dengan hasil perhitungan effect size sebesar 1,171, (3) Respon siswa positif terhadap model pembelajaran Inquiry Terbimbing berbantuan media diorama di kelas V SDN 16 Perapakan Besi dengan persentase respon siswa sebesar 75% pada kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Terbimbing berbantuan media Diorama terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 16 Perapakan Besi.
Keywords:
Inquiry Terbimbing, Media Diorama, Kemampuan Literasi SainsDownloads
References
Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Budi, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Sma Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelar. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.
Dharma, S. (2018). Literasi sains: Sebuah gerakan untuk membangun budaya sains di masyarakat. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 16.
Fatkhuriyah, M. (2022). Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar (Universitas Islam Sultan Agung).
Fitriana, E. N. (2018). Pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 163.
Gormally, C., Brickman, P., Hallar, B., & Armstrong, N. (2011). Lessons learned about implementing an inquiry-based curriculum in a college biology laboratory classroom. Journal of College Science Teaching, 40(3), 45-51.Khairiyah, N. (2022:43). Media Diorama: Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sungai Raya.
Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150-160.
Jayakusuma, L. I. (2023). Analisisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(1), 1-8.
Khairiyah, N. (2022:43). Media Diorama: Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sungai Raya.
Nasir, M., Muhamadiah, M., Indah, S., & Irham, I. (2023). Literasi Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 324-328.
Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi sains Pada Buku Teks Pelajaran Ipa Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66.
Mulyani, S., (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Berbasis PISA untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 105-114.
MUNIRA, A., ANITRA, R., & WIRAWAN, G. (2024). Analisis Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(5), 209-223.
Rahayu, S. D., Hamengkubuwono, H., & Mutia, M. (2020). Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Rahmani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (Kps) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pencerahan, 10(2), 74–80.
Septiani, N. I., & Kusdinar, U. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Melalui Penerapan Model Inquiry Terbimbing. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 90-97.
Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.
Sumarli, S., Murdani, E., & Wijaya, A. K. (2017). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika: Pengujian Jenis Kawat Konduktor Komersial. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 30- 34.
Sumilah, S., & Cacik, S. (2018). Penerapan model inquiry untuk meningkatkan kemampuan literasi sains
siswa kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 31–40.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: humaniora, 1.
Trianto, A. (2012). Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Siswa SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif. Skripsi: UNY.
Wajilah E. (2021), Pengaruh Model Cooperative Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep IPA Materi Organ Dan System Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas V. STKIP Singkawang.
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).
Zakiyayati, S. (2020). Pemanfaatan media diorama dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 20-23
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eka Murdani, Wiwiek Alpina, Gunta Wirawan, Sumarli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work