Pengembangan Media Tangga Satuan Pada Materi Satuan Panjang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Laurentia Cahyaning Christiani Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9521

Abstract

Mata pelajaran Matematika akan sulit dipahami jika tidak dibantu dengan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar siswa dengan membuat suatu produk. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model penelitian Borg and Gall meliputi (1) Research and information collecting; (2) Planning; (3) Develop preliminary form of product; (4) Preliminary field testing; (5) Main product revision; (6) Main field testing; (7) Operational product revision; (8) Operational field testing; (9) Final product revision; (10) Dissemination and Implementation. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Kanisius Lodoyong dengan subjek berjumlah 8 siswa. Media “Tangga Satuan” mata pelajaran Matematika memuat materi satuan panjang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media Tangga Satuan untuk meningkatkan minat belajar Matematika siswa materi pengukuran layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kelayakan media dengan persentase validasi ahli media 75%, ahli materi 96,8% dan ahli perangkat ajar 73% dengan kategori semua validasi yakni layak. Kepraktisan dilihat berdasarkan angket respon guru memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Sedangkan persentase angket siswa pada tahap uji coba produk dengan jumlah 8 siswa yakni memperoleh persentase sebesar 95,8% dengan kategori sangat layak. Efektivitas media dilakukan berdasarkan dari hasil pretest dan posttest melalui uji hipotesis menggunakan uji T_ test (Paired Sample T-test), adapun hasil output diketahui Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan secara signifikan terhadap minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Tangga Satuan.

Keywords:

Matematika, minat belajar, media Tangga Satuan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mahmudah, U., & Fikroh, F. H. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Matematika secara Daring. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 281–296.

Suciyati, & Mariamah. (2018). Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Sila. Jurnal Pendidikan Mipa, 8(2), 142–149. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i2.265

Restu Kurnia, I., & Titin Sunaryati. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Sholihah, D. M., Dwi, R., & Mega, S. H. (2024). Pengembangan Media Congklak Bali Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 1–10.

Widya Sari, F., & Misbahul Munir, M. (2023). Pengembangan Media Gaspat (Tangga Satuan Panjang Dan Berat) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III SDN 1 Bulu Jepara. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 284–296.

Downloads

Abstract Views : 460
Downloads Count: 277

Published

2024-10-07

How to Cite

Christiani, L. C., & Airlanda, G. S. (2024). Pengembangan Media Tangga Satuan Pada Materi Satuan Panjang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9521

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.