Pengembangan Media Tangga Satuan Pada Materi Satuan Panjang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9521Abstract
Mata pelajaran Matematika akan sulit dipahami jika tidak dibantu dengan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar siswa dengan membuat suatu produk. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model penelitian Borg and Gall meliputi (1) Research and information collecting; (2) Planning; (3) Develop preliminary form of product; (4) Preliminary field testing; (5) Main product revision; (6) Main field testing; (7) Operational product revision; (8) Operational field testing; (9) Final product revision; (10) Dissemination and Implementation. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Kanisius Lodoyong dengan subjek berjumlah 8 siswa. Media “Tangga Satuan” mata pelajaran Matematika memuat materi satuan panjang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media Tangga Satuan untuk meningkatkan minat belajar Matematika siswa materi pengukuran layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kelayakan media dengan persentase validasi ahli media 75%, ahli materi 96,8% dan ahli perangkat ajar 73% dengan kategori semua validasi yakni layak. Kepraktisan dilihat berdasarkan angket respon guru memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Sedangkan persentase angket siswa pada tahap uji coba produk dengan jumlah 8 siswa yakni memperoleh persentase sebesar 95,8% dengan kategori sangat layak. Efektivitas media dilakukan berdasarkan dari hasil pretest dan posttest melalui uji hipotesis menggunakan uji T_ test (Paired Sample T-test), adapun hasil output diketahui Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan secara signifikan terhadap minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Tangga Satuan.
Keywords:
Matematika, minat belajar, media Tangga SatuanDownloads
References
Mahmudah, U., & Fikroh, F. H. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Matematika secara Daring. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 281–296.
Suciyati, & Mariamah. (2018). Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Sila. Jurnal Pendidikan Mipa, 8(2), 142–149. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i2.265
Restu Kurnia, I., & Titin Sunaryati. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Sholihah, D. M., Dwi, R., & Mega, S. H. (2024). Pengembangan Media Congklak Bali Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 1–10.
Widya Sari, F., & Misbahul Munir, M. (2023). Pengembangan Media Gaspat (Tangga Satuan Panjang Dan Berat) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III SDN 1 Bulu Jepara. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 284–296.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laurentia Cahyaning Christiani, Gamaliel Septian Airlanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work