Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Media Diorama Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V

Authors

  • Eka Murdani Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Wiwiek Alpina Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Gunta Wirawan Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Sumarli Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Inquiry Terbimbing berbantuan media Diorama berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental, desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas V di SDN 16 Perapakan Besi. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah siswa kelas VA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa dan VB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal essay yang memuat indikator kemampuan literasi sains dan teknik non tes berupa angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji t dua sampel, Effect Size dan Presentase angket respon siswa. Hasil penelitian menyatakan (1) Terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa yang menggunakan model Inquiry Terbimbing berbantuan media Diorama dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional, hasil perhitungan menunjukkan   = 3,3738 >  = 1,679 (2) model Inquiry Terbimbing berbantuan media Diorama berpengaruh tinggi terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 16 Perapakan Besi, dengan hasil perhitungan effect size sebesar 1,171, (3) Respon siswa positif terhadap model pembelajaran Inquiry Terbimbing berbantuan media diorama di kelas V SDN 16 Perapakan Besi dengan persentase respon siswa sebesar 75% pada kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Terbimbing berbantuan media Diorama terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 16 Perapakan Besi. 

Keywords:

Inquiry Terbimbing, Media Diorama, Kemampuan Literasi Sains

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Budi, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Sma Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelar. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.

Dharma, S. (2018). Literasi sains: Sebuah gerakan untuk membangun budaya sains di masyarakat. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 16.

Fatkhuriyah, M. (2022). Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar (Universitas Islam Sultan Agung).

Fitriana, E. N. (2018). Pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 163.

Gormally, C., Brickman, P., Hallar, B., & Armstrong, N. (2011). Lessons learned about implementing an inquiry-based curriculum in a college biology laboratory classroom. Journal of College Science Teaching, 40(3), 45-51.Khairiyah, N. (2022:43). Media Diorama: Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sungai Raya.

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150-160.

Jayakusuma, L. I. (2023). Analisisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(1), 1-8.

Khairiyah, N. (2022:43). Media Diorama: Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sungai Raya.

Nasir, M., Muhamadiah, M., Indah, S., & Irham, I. (2023). Literasi Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 324-328.

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi sains Pada Buku Teks Pelajaran Ipa Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66.

Mulyani, S., (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Berbasis PISA untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 105-114.

MUNIRA, A., ANITRA, R., & WIRAWAN, G. (2024). Analisis Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(5), 209-223.

Rahayu, S. D., Hamengkubuwono, H., & Mutia, M. (2020). Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Rahmani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (Kps) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pencerahan, 10(2), 74–80.

Septiani, N. I., & Kusdinar, U. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Melalui Penerapan Model Inquiry Terbimbing. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 90-97.

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.

Sumarli, S., Murdani, E., & Wijaya, A. K. (2017). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika: Pengujian Jenis Kawat Konduktor Komersial. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 30- 34.

Sumilah, S., & Cacik, S. (2018). Penerapan model inquiry untuk meningkatkan kemampuan literasi sains

siswa kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 31–40.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: humaniora, 1.

Trianto, A. (2012). Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Siswa SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif. Skripsi: UNY.

Wajilah E. (2021), Pengaruh Model Cooperative Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep IPA Materi Organ Dan System Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas V. STKIP Singkawang.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).

Zakiyayati, S. (2020). Pemanfaatan media diorama dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 20-23

Downloads

Abstract Views : 544
Downloads Count: 204

Published

2024-10-14

How to Cite

Murdani, E., Alpina, W., Wirawan, G., & Sumarli, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Media Diorama Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9524

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.