Media Pembelajaran Animasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4330Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat aspek keahlian berbahasa yang perlu dimiliki siswa. Namun beberapa studi sebelumnya mengungkap kemampuan menulis narasi siswa masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran animasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi dalam keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model quasi eksperimen dengan jenis non equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciangsana 04 Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 50 responden. Instrument penelitian yang digunakan soal tes uraian melalui post-test sedangkan Teknik analisis datanya mengunakan kuantitatif deskriptif. Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menulis narasi siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran animasi lebih baik dibanding kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran animasi. Dengan demikian media pembelajaran animasi berpengaruh dalam mengembangkan keterampilan menulis narasi siswa.
Keywords:
keterampilan menulis narasi, media animasi, media pembelajaranDownloads
References
Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, April, 72. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11796
Arta, MZ, A. S. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V MI Muhammadiyah 1 Payaman. Bintang, 3(1), 142-152.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Izomi Awalia Aan S. Pamungkas Tian P. Alamsyah, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Cite, P., Susilo, A., & Isbandiyah, I. (2019). Peran Guru Sejarah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Era Globalisasi. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 171–180.
Darmawan, R., Hariyatmi, & Supriyanto. (2021). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan Pelajaran Ppkn Peserta Didik Kelas VIB di SDNegeri 01 Tawangmangu. Educatif :Journal of Education Research, 4(1), 19–26.
Deviyani, D., & Darwis, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerpen pada Siswa Kelas V SD Negeri 105420 Tebing Tinggi. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J …, 2(1), 295–308.
Deminda, D. V., & Ahmad, M. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Melalui Film Animasi Pada Kecakapan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 218-223.. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.
Hakim, M. N. (2018). Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.79
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34
Magdalena, I., Hanifah, H., Agustin, J. T., & Fitriani, M. A. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Daring Materi Menulis Karangan Narasi Kelas V SDN Karangharja 1. Bintang, 3(1), 164–176.
Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. (2021). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 169. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408
Maryana, S., & Sukmawati, W. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 205. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.428
Maturbongs, Y. H. (2019). Tantangan Era Globalisasi terhadap Manajemen Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(2), 122–141.
Mislikhah, S. (2020). Kesantunan Berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285. https://doi.org/10.20859/jar.v1i2.18
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Pammu, K. (2019). Perbandingan Penggunaan Media Gambar dan Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Kelas II Kabupaten Barru. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 15–22.
Pranata, K., Kartika, Y. W., & Zulherman, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu, 5(3), 1271–1276. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/867
Rahman, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Melalui Media Animasi Kartun Pada Siswa Sma. Aufklarung: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1(3), 175-182.
Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985-2992.
Sukmadewi, L. P. M., & Suniasih, N. W. (2022). Media Audia Visual Berbasis Kontekstual Pada Muatan Ipa Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 138–149. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/download/45898/22336/128641
Sulaiman, S., Agus, M., & Indramini, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Kode: Jurnal Bahasa, 11. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/download/38827/19337
Wahyuningtiyas, E. D., & Rukmi, A. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Kecamatan Prambon Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12).. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2550
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lulu Hamdiya, Nur Aini Puspitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work