Pengaruh Event Quality dan Emotional Terhadap Future Intention Yang Dimediasi Spectators Satisfaction di Indonesia Open

Authors

  • Dita Evelliana Gempita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dally Nur Arif Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gilang Pratama Putra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9497

Abstract

Ketertarikan dan antusiasme para penggemar bulutangkis di Indonesia cukuplah sangat besar. Dilihat dari penyelenggaraan sebuah turnamen berskala Internasional yang diadakan di Istora Senayan yaitu Indonesia Open S1000, menjadi salah satu yang dinantikan oleh para penggemar bulutangkis untuk bisa menghadiri setiap tahunnya. Harga tiket yang ditawarkan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun yang menjadi lebih mahal. Banyak para penggemar yang mengeluhkan akan hal tersebut di platform media sosial dan berkomentar untuk menurunkan harga tiket tersebut. Namun, hal tersebut tidak mengurungkan niat penggemar dan tiket tetap terjual habis. Sehingga hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan atau ketidaksesuaian. Oleh karena itu, tujuan utama penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh event quality, emotional, spectators satisfaction pada future intention pengunjung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dengan metode kuesioner kepada pengunjung Indonesia Open S1000. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi analisis jalur (path analysis) dan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa event quality dan emotional berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap spectators satisfaction, dan spectators satisfaction berhasil memediasi secara signifikan hubungan antara event quality dan emotional terhadap future intention.

Keywords:

Kualitas acara, emosional, kepuasan penonton, niat masa depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdou, H. A., Mohamed, K. A. S., Khalil, F. A. A., Albakhit, I. A., & Alarjani, N. J. A. (2022). Modeling The Relationship Between Perceived Service Quality, Tourist Satisfaction, and Tourists’ Behavioral Intentions Amid COVID-19 Pandemic: Evidence of Yoga Tourists’ Perspectives. Frontiers in Psychology.

Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, Yuliyani, L., Hildawati, Suarni, A., Anurogo, D., Ifadah, E., & Judijanto, L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang) (Efitra, Ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (B. Nasution, Ed.). PT Inovasi Pratama Internasional.

Armbrecht, J. (2021). Event Quality, Perceived Value, Satisfaction and Behavioral Intentions in An Event Context. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism, 21, 169–191.

Biscaia, R., Correia, A., Rosado, A., Maroco, J., & Ross, S. (2012). The effects of emotions on football spectators’ satisfaction and behavioural intentions. European Sport Management Quarterly, 12(3), 227–242. https://doi.org/10.1080/16184742.2012.679949

Cabello-Manrique, D., Nuviala, R., Pappous, A., Puga-González, E., & Nuviala, A. (2021). The Mediation of Emotions in Sport Events: A Case Study in Badminton. Journal of Hospitality and Tourism Research, 45(4), 591–609. https://doi.org/10.1177/1096348020950813

Calabuig Moreno, F., Prado-Gascó, V., Crespo Hervás, J., Núñez-Pomar, J., & Añó Sanz, V. (2015). Spectator emotions: Effects on quality, satisfaction, value, and future intentions. Journal of Business Research, 68(7), 1445–1449. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.01.031

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian (1st ed.). CV Andi Offset.

Darwin, M., Mamondol, R. M., Sormin, A. S., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., Adnyana, M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, P., & Gebang, A. A. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif (S. T. Tambunan, Ed.). Media Sains Indonesia.

Duan, Y., & Liu, B. (2021). Spectator satisfaction model for mass participant sport events: antecedents and consequences. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 22(2), 385–406. https://doi.org/10.1108/IJSMS-09-2019-0104

Edvardsson, B., Johnson, M. D., Gustafsson, A., & Strandvik, T. (2000). The effects of satisfaction and loyalty on profits and growth: Products versus services. Total Quality Management, 11(7), 917–927. https://doi.org/10.1080/09544120050135461

Gholipour, N. (2020). The Relationship between Sport Event Quality, Satisfaction, Perceive Value, Loyalty and Behavior Intention: A Meta-Analysis. New Approaches in Sport Sciences (NASS), 2(4), 151–178. https://doi.org/10.22054/nass.2021.58974.1085

Hussin, N. S. N., Aziz, A. Z., Aziz, A. A. N., Yaziz, M. A. N., Othman, H. N., Hasbollah, R. H., & Hasan, M. Z. M. (2023). Understanding Parent Behavioural Intention in Childcare Service: The Effect of Perceived Trust and Emotional Satisfaction. Malaysian Journal of Consumer and Family Economics, 31.

Junida, I. A. (2022, December 15). Sandiaga Uno: Desa Wisata Bakal Dapat Insentif Tingkatkan Kunjungan. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/3306263/sandiaga-uno-desa-wisata-bakal-dapat-insentif-tingkatkan-kunjungan

Khairani, Z., Soviyanti, E., & Kamilah, F. (2022). Dampak Tata Letak Fasilitas Jasa terhadap Emosi Positif konsumen dan Minat Beli (Studi Kasus pada Pasar Wisara Kota Pekanbaru). Jurnal Economica, X.

Moon, K. S., Ko, Y. J., Connaughton, D. P., & Lee, J. H. (2013). A mediating role of destination image in the relationship between event quality, perceived value, and behavioral intention. Journal of Sport and Tourism, 18(1), 49–66. https://doi.org/10.1080/14775085.2013.799960

Nielsen Sports. (2020, September). Nielsen Fan Insights Expands Coverage in Asia, makes Fan Behavior Data Available for 26 Markets Worldwide. Https://Nielsensports.Com. https://nielsensports.com/nielsen-fan-insights-expands-coverage-in-asia-makes-fan-behavior-data-available-for-26-markets-worldwide/

Park, J., & Lennon, S. J. (2006). Psychological and environmental antecedents of impulse buying tendency in the multichannel shopping context. Journal of Consumer Marketing, 23(2), 58–68. https://doi.org/10.1108/07363760610654998

Puspa, F. (2020, September 25). Survei Nielsen Pastikan Badminton jadi Olahraga Terpopuler di Indonesia, Kalahkan Sepak Bola. Www.Kompas.Com. https://www.kompas.com/sports/read/2020/09/25/10000058/survei-nielsen-pastikan-badminton-jadi-olahraga-terpopuler-di-indonesia?page=all

Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). Spss vs Lisrel, Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Salemba Empat.

Shonk, D. J., Bravo, G. A., Velez-Colon, L., & Lee, C. (2017). Measuring Event Quality, Satisfaction, and Intent to Return at an International Sport Event: The ICF Canoe Slalom World Championships. Journal of Global Sport Management, 2(2), 79–95. https://doi.org/10.1080/24704067.2017.1317011

Siyoto, S., & Sodik, A. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.; Pertama). Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Susanna. (2019, June 21). The Main Theories of Emotions. Https://Exploringyourmind.Com/. https://exploringyourmind.com/the-main-theories-of-emotions/

Suwandana, M. G. I. (2024). Emotional Intelligence’s Role on Turnover Intention Through Job Satisfaction as A Mediating Variable. Journal of Research and Community Service, 5.

Yolanda, S., Honantha, R. C., & Setyawan, A. (2019). The Influence of Perceived Quality, Perceived Value, and Customer Satisfaction on Future Intention of Indonesian Basketball Spectators in Surabaya. Atlantis Press, 308(Social Science, Education and Humanities Research).

Downloads

Abstract Views : 180
Downloads Count: 65

Published

2024-09-29

How to Cite

Gempita, D. E., Arif, D. N., & Putra, G. P. (2024). Pengaruh Event Quality dan Emotional Terhadap Future Intention Yang Dimediasi Spectators Satisfaction di Indonesia Open. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9497

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.