Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral dan Sosial Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an

Authors

  • Nur'aini Program Studi PAI, STAI Ibnu Sina Batam
  • Hamzah Program Studi PAI, STAI Ibnu Sina Batam

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5867

Abstract

Penelitian ini menghubungkan konsep kecerdasan emosional, intelektual, spiritual, moral, dan sosial dalam Al-Qur'an dengan pendidikan agama Islam. Metode kualitatif studi kepustakaan digunakan untuk menggali informasi dari tafsir Al-Qur'an Al-Adzim, Fi Zilalil Qur'an, dan Al-Azhar. Hasil analisis menunjukkan pentingnya mengintegrasikan kecerdasan ini dalam pendidikan agama Islam untuk menciptakan individu berakhlak baik dan berilmu dalam masyarakat. Kecerdasan emosional melibatkan pengendalian jiwa dan kesadaran diri. Kecerdasan intelektual berfokus pada pemahaman Al-Qur'an dan kemampuan berbicara yang tepat. Kecerdasan spiritual mencakup ibadah dan keimanan kuat, sementara kecerdasan moral berkaitan dengan akhlak baik. Kecerdasan sosial melibatkan tolong-menolong dan kepemimpinan. Hasil analisis menunjukkan bahwa individu dengan kecerdasan emosional mampu mengontrol dan mensucikan jiwa, memilih jalan yang benar, dan memiliki kesadaran akan diri sebagai makhluk. Kecerdasan intelektual mencakup pengetahuan mendalam tentang Al-Qur'an, kemampuan membedakan halal dan haram, serta keyakinan kuat dalam pengambilan keputusan. Kecerdasan spiritual menggambarkan individu yang konsisten dalam ibadah, pemahaman Al-Qur'an, dan keimanan yang kuat. Kecerdasan moral fokus pada perilaku adil, bijak, dan bertanggung jawab, serta menjaga hubungan baik sesuai ajaran Al-Qur'an. Kecerdasan sosial mencakup keterlibatan dalam tolong-menolong, dukungan terhadap kebenaran, dan sifat kepemimpinan yang baik. Dalam pendidikan Islam, penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan kecerdasan ini untuk menciptakan individu berakhlak baik, mendalam dalam pemahaman agama, dan aktif dalam membantu serta berkontribusi pada masyarakat.

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral Dan Sosial, Perspektif Tafsir Al-Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, R. F., Pitoewas, B., & Adha, M. M. (2015). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa (Doctoral dissertation, Lampung University).

Aman, M. (2021). Kecerdasan Sosial Berbasis Al-Qur’an. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17.

Andini, M., Aprilia, D., & Distina, P. P. (2021). Kontribusi Psikoterapi Islam bagi Kesehatan Mental. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(2), 165-187.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Busthomi, Y., A’dlom, S., & Kusmayadi, R. C. R. (2020). Pendidikan Kecerdasan Spiritual dalam Al-Qur’an Surat Al-Luqman. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 150-175.

Coles, R. (1998). The moral intelligence of children. A&C Black.

Khalim, A. D. N. (2019). Landasan Sosiologis Pengembangan Kurikulum sebagai Persiapan Generasi yang Berbudaya Islam. As-Sibyan, 2(1), 56-79.

Kusuma, W. H. (2019). Upaya meningkatkan prestasi belajar melalui peningkatan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 104-111.

Manansal, A. A. (2013). Kecerdasan emosi mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis pengaruhnya terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Masykur, L. I. L. M., & Umi, U. R. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Pucanganom Kebonsari Madiun. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 2(01), 70-83.

Mudzakir, A., Muwaffiqillah, M., & Muzakki, I. (2018). Pengaruh Antara Kecerdasan Sosial Dengan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Penjualan. Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science), 2(1), 41-55.

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 867-875.

Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dampak negatif jejaring sosial dan kemampuan berpikir divergen terhadap hasil belajar matematika siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 171-184.

Oktonika, E. (2020). Kontribusi bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kesadaran beragama pada remaja di abad 21. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 159-167.

Oktradiksa, A. (2012). Pengembangan kualitas kepribadian guru. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 231-248.

Pakpahan, D. P. S. T. (2021). Kecerdasan Spiritual (SQ) Dan Kecerdasan Intelektual (IQ) Dalam Moralitas Remaja Berpacaran Upaya Mewujudkan Manusia Yang Seutuhnya. Ahlimedia Book.

Rahman, A. (2022). Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 dan Tantangannya di Era Industri 4.0. Logika: Jurnal Penelitian Universitas Kuningan, 13(02), 159-167.

Raihana, P. A., & Wulandari, W. (2017). Status Ibu dan Pengaruhnya dalam Kecerdasan Moral Anak Pra-Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).

Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, S. T. (2020). Kecerdasan Spiritual Perspektif Al-Qur’an. Madani Institute: Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 9(2), 62-73.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77-90.

Wardani, N. W. R., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(2), 1133-1161.

Wisudayanti, K. A. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa di Sekolah Dasar Melalui Penanaman Pendidikan Karakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 135-146.

Zahro, I. F. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Islam, 1(1).

Downloads

Abstract Views : 5798
Downloads Count: 2142

Published

2023-10-01

How to Cite

Nur’aini, N., & Hamzah , H. (2023). Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral dan Sosial Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1783–1790. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5867

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.