Peningkatan Hasil Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Dengan Pembelajaran berbasis gerak Manipulatif Menggunakan Bola
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8735Abstract
Dalam dunia Pendidikan, olahraga memiliki peran yang penting karena dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan perkembangan peserta didik. Pada saat melakukan kegiatan belajar mengajar begitu banyak kesulitan yang saya temukan dalam proses pembelajaran.penelitian ini bertujuan untuk meneliti sebuah masalah pembelajaran yang didapat dengan berbasis gerak manipulatif terhadap peningkatan kemampuan teknik dasar passing bawah bola voli dalam permainan bola voli di SMP N 10 Cibinong. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Populasi dari penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII SMP N 10 Cibinong, dengan menggunakan tekhnik sampling jenuh. Berdasarkan analisis data penelitian ini diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar telah dicapai siswa pada materi pembelajaran. Meningkatkan teknik dasar passing bawah bola voli melalui pembelajaran berbasis gerak manipulatif menggunakan bola dapat dikatakan meningkat dengan rata-rata kemampuan siswa dari siklus I dengan rata-rata nilai yang dicapai siswa sebesar 68% menjadi 89% pada siklus II dan tentu saja melebihi dari nilai yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 85%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui pembelajaran berbasis gerak manipulatif menggunakan bola dapat meningkat menjadi lebih baik, maka sudah seharusnya para siswa memiliki motivasi untuk bisa berprestasi yang ditampakan dengan sikap antusias dalam mengikuti pembelajaran berbasis gerak manipulative.
Keywords:
Efektivitas Pembelajaran, media manipulative, PassingDownloads
References
Ahmad Muzaffar, (2015). Jurnal Cerdas Sifa, Edisi Vol.1.No.1 Maret-Juni 2015.
Agi Ginanjar, (2019). Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.
Amalia, P., & Stephani Yane. (2016). Pembelajaran Passing Bawah Bola voli Melalui Metode Learning Together.
Aunurrahman, (2016: 35). Kajian Teori Belajar dan Mengajar. jurnal teori belajarmengajar,
Asrori, & Rusman. (2020). Classroom action reserach pengembangan kompetensi guru. Pena Persada.
Badriah, Laelatul Dewi. (2012). Metodologi Penelitian ilmu-ilmu kesehatan. Bandung : Multazam.
Budiningsih, Suprihatiningrum, (2014: 15) Belajar Mengajar. Jurnal belajar Mengajar.
Dr. Aep Rohendi, M.Pd. (2018). Metode Latihan dan Pembelajaran Bola Voli Untuk Umum. ALFABETA,CV
Edi Irwanto, (2016). Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 5,No. 2, Desember 2016.
Hergenhan B.R, Olson M.H. (2010) Theories Of Learning. Cetakan III. Kencana Prenada Media.
Juanda Anda, (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish Publisher. CV. Budi Utama.
Kurniawan, M. Riski Adi Wijaya, M.Pd (2019). Jurnal Pengaruh Latihan Passing Bawah Menggunakan Media Dinding dan Perpassangan terhadap Peningkatan Teknik Passing Bawah Bola Voli Pada Ekstrakurikuler.
Lestari, Dyah Frika. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Ak.tivitas Jasmani Melalui Permainan Tradisional Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Vol. 8 No. 1. Tahun 2020.
Prastiyo Pambudi, Bagus. 2015. Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Permainan 4 On 4 Untuk Siswa KelaS XI SMA Negeri 1 Kota Mungkid Kab.Magelang.
Riskayani, Ni Luh. (2022). Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Vol. 10 No 1 2022.
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafimdo Persada
Sukma, A. (2016). Peraturan Permainan Bola Voli. Jakarta.
Yoenoes,Y. (2009). Teknik Olahraga Bola Voli. Abong Ipa, cv
Yudiana, Y, (2010). Permainan Bola Voli. Jakarta : Pustaka Baru Pres
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faisal Setiawan Al-Majid, Bachtiar, Ahmad Alwi Nurudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work